Ekonomi AS Diramal Kontraksi, Resesi Kian Pasti?

Market - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
11 September 2019 05:29
Presiden AS Donald Trump (REUTERS/Joshua Roberts)
Jakarta, CNBC Indonesia - Sinyal-sinyal buruk di perekonomian Amerika Serikat (AS) semakin terlihat. Bahkan ada kemungkinan AS bakal mengalami kontraksi ekonomi, alias pertumbuhan negatif.

Salah satu tanda yang dikhawatirkan adalah arus perdagangan AS yang semakin seret. Ini bisa dilihat di Cass Freight Index.

Pada Juli, Cass Freight Index turun 5,9% year-on-year (YoY). Ini merupakan penurunan selama delapan bulan beruntun.




Cass Freight Index adalah indikator yang menggambarkan arus perdagangan di Negeri Paman Sam. Indeks ini menjadi salah satu acuan aktivitas ekonomi, sekaligus alat untuk mengeker arah perekonomian ke depan.

Masalahnya, tidak ada kabar baik yang bisa didengar di sini. Bahkan Cass dalam laporannya menaikkan status keparahan dari waspada menjadi siaga.

"Dengan penurunan 5,9% pada Juli, setelah turun 5,3% bulan sebelumnya dan minus 6% pada Mei, kami mengulangi pesan bahwa ada perubahan dari 'waspada terhadap potensi perlambatan (ekonomi) menjadi 'ada sinyal kontraksi (ekonomi). Walau pertumbuhan ekonomi kuartal II-2019 masih positif, tetapi kami melihat ada risiko pertumbuhan ekonomi akan negatif pada akhir tahun," tulis laporan Cass.

Menurut Cass, indeks ini sangat reliabel untuk memperkirakan arah ekonomi ke depan. Misalnya pada saat Cass Freight Index membaik dan untuk kali pertama tumbuh positif pada Oktober 2016, sudah terkonfirmasi bahwa perekonomian AS pulih dari tekanan dahsyat usai krisis 2008-2009.

"Pergerakan barang adalah detak jantung ekonomi, jadi melihat volume dan seberapa jauh barang dikirim adalah metode yang reliabel untuk memprediksi perubahan arah. Dengan Cass Freight Index yang tumbuh negatif secara YoY selama delapan bulan beruntun, kami mengindikasikan bahwa ini adalah fase awal dari kontraksi ekonomi. Jika kontraksi benar-benar terjadi, maka indeks ini menjadi indikator awalnya," papar laporan Cass.

Aduh, seram betul ya...



(BERLANJUT KE HALAMAN 2)


(aji/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading