BEI Izinkan Saham Transcoal Pacific Diperdagangkan Kembali

Market - Ester Christine Natalia, CNBC Indonesia 22 August 2018 19:53
BEI Izinkan Saham Transcoal Pacific Diperdagangkan Kembali
Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa Efek Indonesia (BEI) mengizinkan saham PT Transcoal Pacific Tbk (TCPI) kembali diperdagangkan besok, Kamis (23/8/2018).

"Dengan ini diumumkan bahwa suspensi atas perdagangan Saham PT Transcoal Pacific Tbk (TCPI) di Pasar Reguler dan Pasar Tunai dibuka kembali mulai perdagangan sesi I tanggal 23 Agustus 2018," tulis pengumuman keterbukaan BEI yang diedarkan hari Selasa (21/8/2018).

Sebelumnya BEI menghentikan sementara perdagangan sahamĀ TCPI di semua pasar sejak tanggal 7 Agustus karena penguatan harga kumulatif yang signifikan.


"Bursa Efek Indonesia memandang perlu untuk melakukan penghentian sementara perdagangan saham Transcoal di pasar reguler dan tunai sejak perdagangan 7 Agustus 2018," kata Kepala Divisi Pengawasan Transaksi BEI Lidia M. Panjaitan.



Sejak melantai tanggal 6 Juli 2018, harga sahamĀ TCPI sudah mengalami kenaikan 3.037,68% dari harga awal Rp 138/saham menjadi Rp 4.330/saham.

BEI juga sempat menghentikan perdaganganĀ TCPI di pasar reguler maupun tunai sejak perdagangan tanggal 24 Juli 2018 dalam rangka cooling down setelah harga naik tinggi. Meskipun begitu, saham perusahaan tetap saja menanjak naik.

Manajemen TCPI akhirnya memberikan penjelasan terkait kenaikan harga saham tersebut setelah BEI melakukan penghentian perdagangan untuk kedua kalinya. Dalam keterangan yang disampaikan perseroan kepada BEI, manajemen mengakui sudah memiliki rencana aksi korporasi yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Namun, pihak perusahaan belum menentukan kapan aksi korporasi ini akan dieksekusi.

"Apabila perusahaan telah memutuskan melakukan tindakan korporasi tersebut nantinya perusahaan akan melakukan keterbukaan informasi sesuai dengan waktu yang ditentukan dalam peraturan BEI dan Otoritas Jasa Keuangan," tulis Dirc Richard Talumewo selaku Direktur Utama perusahaan tanggal 7 Agustus. (ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading