Skandal Seks Seungri Bikin Semua Saham Agensi Kpop Anjlok

Lifestyle - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
19 March 2019 12:22
Skandal Seks Seungri Bikin Semua Saham Agensi Kpop Anjlok
Jakarta, CNBC Indonesia - Dua skandal seks yang mengguncang jagad musik Korea Selatan telah turut menghancurkan saham berbagai perusahaan hiburan negeri tersebut.

Rontoknya saham-saham tersebut terjadi saat pihak kepolisian terus menyelidiki keterlibatan beberapa selebritas dalam dugaan tindak kriminal.

Vokalis Korean pop atau Kpop dan anggota grup musik Big Bang, Seungri (yang bernama asli Lee Seung-hyun), dituduh menyediakan pekerja seks komersial kepada investor di klub miliknya.


Pihak kepolisian juga sedang memproses surat perintah penahanan terhadap seorang selebritas lainnya, Jung Joon-young, terkait beberapa video seks yang diduga telah ia sebarkan di aplikasi chat Kakaotalk.


YG Entertainment, perusahaan yang menaungi Bing Bang dan Seungri, harus menerima kenyataan sahamnya hancur lebur 24,8% sejak periode 25 Februari setelah sang artis diselidiki pihak kepolisian terkait dugaan penggunaan obat-obatan terlarang dan prostitusi, dilansir dari CNBC International, Selasa (19/3/2019).

Hari Selasa, saham perusahaan sudah anjlok 1% dibandingkan penutupan sehari sebelumnya.

Menurut beberapa laporan, saham lima perusahaan hiburan terbesar di Korea Selatan telah kehilangan 17,52% nilainya sejak 25 Februari hingga 15 Maret. Kapitalisasi saham mereka anjlok menjadi 2,76 triliun won (Rp 34,7 triliun) dari sebelumnya 3,35 triliun won.

Skandal Seks Seungri Cs Hancurkan Saham Emiten Hiburan KoreaFoto: Seungri, anggota band K-pop Korea Selatan Big Bang, tiba untuk ditanyai atas kasus suap seks di Kantor Polisi Metropolitan Seoul di Seoul, Korea Selatan, 14 Maret 2019. (REUTERS / Kim Hong-Ji)

Pada 11 Maret lalu, saham YG Entertainment anjlok 14,1% setelah Seungri dikabarkan dikenai tuduhan menyediakan jasa prostitusi di klubnya. Di hari yang sama, Seungri mengumumkan akan mundur dari dunia hiburan.

Saham YG Entertainment kembali anjlok 3,4% sehari setelahnya.

Perusahaan-perusahaan hiburan Korea Selatan lainnya, seperti JYP Entertainment, SM Entertainment, Cube Entertainment, dan FNC Entertainment juga ikut terseret jatuh.

Skandal Seks Seungri Cs Hancurkan Saham Emiten Hiburan KoreaFoto: Infografis/Deretan Artis Kpop yang Terseret Skandal Prostitusi Seungri/Arie Pratama

Seungri dan beberapa rekan selebritasnya dilaporkan menjadi anggota grup chat di mana Jung mengirimkan video dirinya yang sedang berhubungan seksual dengan beberapa wanita. Jung dan Choi Jong-hoon, seorang anggota boyband FT Island yang juga diduga berada di grup tersebut, mengumumkan pengunduran dirinya.

Saham FNC Entertainment yang menaungi Choi ikut rontok 11,1% pada 11 Maret.



Saham-saham SM Entertainment, Cube Entertainment, dan FNC Entertainment telah anjlok lebih dari 20% sejak 25 Februari hingga 15 Maret. Sementara itu, saham JYP Entertainment hanya kehilangan 5,5% selama periode tersebut.


Saksikan video mengenai skandal seks Seungri Cs berikut ini.

[Gambas:Video CNBC]

(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading