Terbongkar, Petinggi Polisi Terlibat di Skandal Seks Seungri

Lifestyle - Gustidha Budiartie, CNBC Indonesia
13 March 2019 17:15
Terbongkar, Petinggi Polisi Terlibat di Skandal Seks Seungri
Jakarta, CNBC Indonesia- Kasus dugaan penyediaan jasa prostitusi oleh personil boyband BigBang, Seungri, semakin melebar. Ada dugaan klub malam milik Seungri selama ini dapat 'bekingan' petinggi polisi, dan kasus Seungri merupakan awal untuk membongkar korupsi besar di negeri ginseng.
 

Dilansir dari situs Naver, pada Rabu 13 Maret ini, dari acara CBS Radio "Kim Hyun Jung's News Show" Pengacara Bang Jung Hyun mengungkap fakta terbaru di balik skandal seks yang kini membelit Seungri dan kawannya, Jung Joon Young.

Perlu diketahui, Pengacara Bang Jung Hyun adalah sosok di balik terungkapnya kasus Seungri. Ia yang membongkar dan mengirimkan isi percakapan grup Kakao Talk Seungri dan Joon Young - yang di dalamnya terdapat rekaman video seksual dan penggunaan jasa prostitusi-  ke Komisi Anti Korupsi dan Hak Asasi Manusia Korea Selatan, semacam KPK jika di Indonesia.

Pengacara ini mengirimkan barang bukti percakapan tersebut setelah mendapat informasi dari seseorang yang tak ingin terungkap jati dirinya.


Terbongkar, Petinggi Polisi Terlibat di Skandal Seks SeungriFoto: Personil K-Pop Big Bang, Seungri (dok. instagram @seungriseyo)

Dalam siaran radio itu, Jung Hyun bercerita ia menerima email dari sang whistleblower yang mengaku memiliki sejumlah bukti terkait orang orang yang terlibat di insiden Klub Burning Sun.

Klub Burning Sun, merupakan salah satu klub malam yang juga dikelola oleh Seungri. Seungri terkena kasus dugaan penyalahgunaan narkotika dan pelecehan seksual setelah stafnya diketahui merekam secara sembunyi-sembunyi wanita yang sengaja dibikin mabuk, lalu dilecehkan.

Si whistleblower, lanjut Jung Hyun, ingin agar kasus ini terbongkar dan mencari keadilan. "Tapi mereka tidak tahu bagaimana caranya dan butuh bantuan," ujar si pengacara, Rabu (13/3/2019).


Ia kemudian memutuskan untuk mengirim bukti itu ke 'KPK' Korea alih-alih kepolisian, karena jika dikirim ke polisi ia khawatir yang pertama akan dicari adalah si informan tersebut, bukan fokus pada kasusnya.

Jadi bagaimana bisa percakapan Kakaotalk itu jadi kunci kasus ini? Si pengacara mengatakan data percakapan yang ia punya sangat banyak, mencapai puluhan ribu obrolan yang terjadi di periode 2015 sampai 2016.Pengacara ini juga mengungkap alasan lain mengirim laporan ke KPK dibanding ke polisi.

Sebab, setelah menelusuri percakap ditemukan beberapa percakapan yang melibatkan oknum oknum  polisi di negara tersebut. 


Meski ia agak ragu untuk membuka seluruh informasi di kasus tersebut, namun ia meyakinkan bahwa polisi yang terlibat bukan sembarangan. Tapi sudah masuk jajaran petinggi polisi di negeri itu.

Contohnya, ketika ada kejadian, seseorang di percakapan itu menjawab. "Saya akan kontak pejabat lebih tinggi" atau "Saya sudah bicarakan dengan atasan saya, sudah beres."

Ada juga, lanjutnya, percakapan terkait bisnis maupun non bisnis, seperti ucapan ulang tahun dari pejabat polisi.


"Orang yang ada di percakapan itu punya kaitan erat dengan orang paling berpengaruh di petinggi kepolisian, dan itu membuat ikatan dengan pejabat di bawahnya semakin kuat," bongkar Jung Hyun.

Malahan, ia memberi indikasi seberapa tingginya si polisi tersebut bisa setara dengan komisaris jenderal kepolisian Korea Selatan. Tapi ia mengatakan belum begitu yakin seberapa kuat hubungan para tersangka dengan polisi tersebut.

DJ Radio pun mempertegas pertanyaannya, apa hanya satu orang di grup Kakaotalk yang dekat dengan petinggi polisi itu atau semuanya?


Pertanyaan tersebut dijawab oleh si pengacara, bahwa hanya satu yang dekat tapi semua orang tahu. Si satu orang ini, masih terkait dengan kasus klub Burning Sun.

Sang DJ kemudian bertanya lagi, apa masih ada kasus yang belum terungkap ke publik dari percakapan Kakaotalk yang bocor itu? 

Dengan yakin, Jung Hyun mengatakan bahwa Burning Sun memiliki banyak kasus di dalamnya dan sedang diinvestigasi dan ada kasus yang serupa dengan kasus tersebut. 


Bisa jadi kasus Seungri hanya puncak dari gunung es atas kasus yang lebih besar yang kerap terjadi di klub malam di kawasan elit Korea, Gangnam.


Saksikan video pengumuman pengunduran diri Seungri dari Bigbang di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading