Seungri BigBang dan Artis Kpop yang Tersandung Skandal Seks

Lifestyle - Gustidha Budiartie, CNBC Indonesia
12 March 2019 - 14:50
Seungri BigBang dan Artis Kpop yang Tersandung Skandal Seks
Jakarta, CNBC Indonesia- Bukan kali pertama artis Kpop ternama tersandung kasus prostitusi ataupun skandal seks. Hidup di balik dunia yang sempurna di mata penggemar, selain Seungri Bigbang berikut adalah deretan idola Kpop yang pernah tersangkut skandal seks dan kekerasan seksual.



1. Park Yoo Chun 'JYJ'


Seungri BigBang dan Artis Kpop yang Tersandung Skandal SeksFoto: Park Yoo Chun (dok Instagram @6002yoochun)

Park Yoo Chun, dikenal dengan nama panggung Micky Yoo Chun, adalah personel boyband JYJ yang cukup diperhitungkan di pentas Kpop dunia.

Musababnya, JYJ adalah boyband pecahan dari DBSK/TVXQ. Micky sendiri sebelumnya adalah personel TVXQ, bersama-sama dengan; U Know Yunho, Max Changmin, Jaejoong, dan Xiah Junsu. Bisa dibilang TVXQ, bersama-sama dengan Bigbang dan Super Junior saat itu, adalah boyband yang mendorong Kpop dikenal dunia internasional.

Lepas dari TVXQ, Yoochun-Jaejoong-Junsu kemudian membentuk JYJ dan manajemen mereka sendiri. Di sinilah, skandal Micky Yoochun mulai terkuak. Mulai pada 2016, saat itu seorang wanita menuntut Yoochun karena melakukan kekerasan seksual kepadanya di sebuah toilet di klub malam.

Belakangan tuntutan yang diajukan si perempuan dinyatakan tidak terbukti. Yoochun membela diri bahwa aktivitas seksual yang mereka lakukan atas kesepakatan dua belah pihak, dan si perempuan membawa serta kerabatnya dan menuduhnya melakukan kekerasan seksual hanya untuk memeras Yoochun.

Lepas dari kasus itu, kasus lainnya menghampiri Yoochun. Tidak tanggung-tanggung, jika dijumlah 4 perempuan sekaligus mengaku alami kekerasan seksual oleh Yoochun. Namun, akhir dari rantaian kasus kekerasan seksual ini seperti digantung. Baik si perempuan maupun Yoochun dibebaskan dari tuduhan karena bukti yang dinilai tak cukup.

2. Kim Hyun Joong

Seungri BigBang dan Artis Kpop yang Tersandung Skandal SeksFoto: Kim Hyun Joong (dok. Instagram @hyunjoong860606)

Pernah menonton Boys over Flower? Remake drama Korea untuk Meteor Garden yang sempat boomin di Indonesia beberapa tahun lalu.

Nah, Kim Hyun Joong sempat terkenal di Indonesia karena perannya sebagai Yoon Ji Hoo (atau jika di Meteor Garden adalah Hua Ze Lei). Pada 2014 lalu, Hyun Joong dituntut oleh mantan pacarnya untuk kasus kekerasan seksual. Mantannya saat itu mengaku sedang hamil, dan Hyun Joong memukulinya berkali-kali dan membuatnya harus menggugurkan kandungan.

Hyun Joong menuntut balik mantannya, mengatakan segala tuntutan itu palsu dan upaya pemerasan. Namun tuntutannya itu dinilai tak terbukti oleh pengadilan. Pengadilan memutuskan Hyun Joong tidak bersalah dan Kim Hyun Joong menjalani wajib militer selama dua tahun. Mulai akhir tahun lalu, Hyun Joong sudah kembali ke dunia entertainment Korea.

3. Jang Ja Yeon
Seungri BigBang dan Artis Kpop yang Tersandung Skandal SeksFoto: Jang Ja Yeon (dok KBS)

Mari kita bahas dari sisi perempuannya. Kasus Seungri BigBang baru-baru muncul ke permukaan dan menjadi sorotan publik, soal bisnis prostitusi yang melibatkan para pengusaha dan pejabat. Sebenarnya ini bukan isu baru di dunia hiburan Korea Selatan.

Beberapa tahun lalu, seorang artis perempuan bernama Jang Ja Yeon meninggal karena bunuh diri. Jang Ja Yeon sempat dikenal publik di drama yang sama dengan Kim Hyun Joong, Boys Over Flower. Jang Ja Yeon bunuh diri pada 2009, meninggalkan surat sebanyak 7 halaman yang mengungkap gelapnya industri hiburan Korea Selatan.



Dalam surat itu Jang Ja Yeon mengaku dipaksa oleh agensinya untuk memberikan pelayanan seksual kepada kaum eksekutif bisnis entertainment Korea agar tetap bisa eksis di dunia tersebut. Ja Yeon, dalam suratnya, mengaku sudah tak sanggup lagi. Meski Ja Yeon menyebut nama-nama para pengusaha yang memaksanya berhubungan seksual, toh sampai saat ini mereka semua bersih dari segala tuduhan dan tuntutan.

Saksikan video penggerebekan klub malam Seungri di bawah ini:

[Gambas:Video CNBC]

(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading