Skandal Seks Seungri dan Sisi Gelap Industri Hiburan Korea

Lifestyle - Gustidha Budiartie, CNBC Indonesia
12 March 2019 11:34
Skandal Seks Seungri dan Sisi Gelap Industri Hiburan Korea
Jakarta, CNBC Indonesia- Kasus yang sedang menyerang Seungri, menjadi sorotan utama publik Korea dan dunia.

Bukan cuma karena kasus ini menyeret nama besar Seungri sebagai personel salah satu boyband terbesar Korea Selatan - Bigbang, tapi juga karena kasus ini menyeret ke permukaan tentang kondisi industri hiburan Korea Selatan yang gelap.

Skandal Seks Seungri dan Sisi Gelap Industri Hiburan KoreaFoto: Personil K-Pop Big Bang, Seungri (dok. instagram @seungriseyo)





Dilansir dari Variety, Seungri dituduh menyediakan jasa prostitusi di klub yang ia kelola. Atas dugaan ini, kepolisian Korea Selatan pun menetapkan status tersangka kepada Seungri, untuk mempermudah proses penyelidikan dan penyidikan.

"Kami menjadikan status Seungri tersangka untuk bisa menerbitkan surat perintah pencarian dan penyitaan, agar lebih cepat menghapus segala kecurigaan," ujar juru bicara kepolisian dalam konferensi pers, dikutip dari Variety, Selasa (12/3/2019).

Atas kasus ini, Seungri terancam pidana 3 tahun penjara. Penetapan status ini pun tak sembarangan, status diberikan setelah polisi menggrebek klub hiburan yang dikelola oleh Seungri pada Minggu malam lalu, di Seoul. Dampaknya, saham YG Entertainment langsung anjlok pada Senin pagi sebanyak 14% jadi KRW 37,150.

Kasus ini bermula dari video kekerasan seksual yang menyebar online, akhir Januari lalu. Dari situ polisi bergerak, dan menyebut sedang menyelidiki klub yang berada di pusat kota Korea Selatan yang dicurigai sebagai lokasi kejadian tersebut.

Masalahnya, klub itu diduga tak hanya menyediakan jasa prostitusi. Tetapi juga narkoba, dan juga para pegawai yang bisa menyediakan jasa 'pelacur' ke pelanggan-pelanggan VIP.

Pelanggan VIP yang disebut di sini diduga termasuk para pengusaha dan juga sejumlah pejabat.

Seungri membantah tuduhan-tuduhan tersebut sampai saat ini, mengatakan bahwa ia tak terlibat sama sekali.

Tapi di tengah bantahannya, rantai pesan tahun 2015 grup chatting yang terdapat beberapa nama di dalamnya muncul ke permukaan. Dalam grup chatting tersebut, Seungri dan 3 orang lainnya membicarakan tentang kemungkinan untuk menyediakan pekerja seks komersial (PSK) bagi calon investor di klub mereka dan juga perusahaan induknya, Yuri Holdings.

Seungri lalu menuduh bahwa pesan berantai itu buatan media belaka. Namun, kasus ini terus memanas dan mengakibatkan Seungri membatalkan konser solonya di sejumlah negara seperti Jepang dan Indonesia.

Bukan cuma itu, drama skandal prostitusi ini semakin menjadi saat media di Korea memberitakan bahwa YG Entertainment, perusahaan yang menaungi Seungri, ketahuan menghancurkan sejumlah dokumen yang diduga terkait dengan kasus tersebut.

Terakhir, Seungri memposting di akun instagramnya bahwa dia akan mundur dari dunia hiburan. Termasuk mundur dari YG entertainment dan Bigbang, perusahaan dan boyband yang membesarkan namanya.

Skandal Seks Seungri dan Sisi Gelap Industri Hiburan KoreaFoto: instagram: Seungri


"Segala kritik dan caci maki dari publik selama satu bulan setengah terakhir dan dengan semua agen tengah menginvestigasi saya, saya bahkan disudutkan dan disebut sebagai pengkhianat negara. Saya sungguh tidak bisa mentolerasi segara risiko yang bisa membahayakan semua orang di sekitar saya yang ingin melindungi saya. 

Saya berterima kasih untuk semua penggemar di luar dan di dalam Korea yang telah memberikan banyak cinta dalam 10 tahun terakhir, dan saya pikir ini saatnya saya berhenti setidaknya untuk melindungi kehormatan YG dan BIGBANG."

YG Entertainment dalam situs resminya mengatakan bahwa pengumuman tersebut masih ditulis secara sepihak oleh Seungri, dan bukan oleh perusahaan. YG belum mau berkomentar lebih lanjut, termasuk soal kontrak Seungri.

Simak video Kpop mengguncang dunia di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]



(gus/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading