Mega Skandal Seungri: Seks, Narkoba, dan Aksi Suap Polisi

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
14 March 2019 - 19:14
Mega Skandal Seungri: Seks, Narkoba, dan Aksi Suap Polisi
Jakarta, CNBC Indonesia- Heboh di pemberitaan dalam tiga hari terakhir, banyak yang bertanya-tanya soal kasus yang membelit anggota boyband BigBang asal Korea Selatan, Seungri.

Pertanyaannya mulai dari; siapa itu Seungri? Kasus apa yang membelitnya? Mengapa bisa sebegitu besar dan heboh?
Berikut rangkuman CNBC Indonesia:

Siapa Seungri?
Seungri adalah penyanyi berusia 28 tahun, dan salah satu dari lima anggota boyband kenamaan BigBang. Boyband ini berdiri pada 2006, dan merupakan boyband yang memiliki peran signifikan yang mendorong Kpop dikenal secara global.

Bernama asli Lee Seung Hyun, ia diberi nama panggung Seungri oleh managementnya YG Entertainment. YG juga manajemen yang membawahi girlband BlackPink, yang belakangan terkenal di Indonesia.


Mega Skandal Seungri: Seks, Narkoba, dan Aksi Suap PolisiFoto: Seungri, anggota band K-pop Korea Selatan Big Bang, tiba untuk ditanyai atas kasus suap seks di Kantor Polisi Metropolitan Seoul di Seoul, Korea Selatan, 14 Maret 2019. (REUTERS / Kim Hong-Ji)


Dilansir dari Time, di dunia hiburan Korea, Seungri mendapat julukan The Great Seungri. Terinspirasi dari karakter fiksi novel The Great Gatsby karya F.Scott Fitzgerald. Citra ini bahkan ia tampilkan di album solo terbarunya 2018 lalu.

Di luar perannya bersama BigBang dan sebagai penyanyi solo, Seungri juga seorang aktor dan pengusaha. Ia pernah membuka akademi tari untuk melatih idola K-pop yang akan datang, memulai label rekaman dan kini telah memiliki jaringan bisnis klub malam dan restoran di daerah elit Korea Selatan, Gangnam.  

Seungri sebenarnya dijadwalkan untuk wajib militer pada 25 Maret 2019. Namun skandal yang membelitnya ini membuatnya terpaksa fokus di proses hukum.

Kemarin, YG Entertainment telah resmi mengakhiri kontrak eksklusif mereka dengan Seungri. Sehari sebelumnya, Seungri juga sudah mengumumkan pensiun dini dari dunia hiburan di Korea Selatan.


Apa Kasus yang Membelit Seungri?

Prostitusi
Seungri diumumkan resmi menjadi tersangka kasus dugaan penyediaan jasa prostitusi dan pelecehan seksual sejak Senin kemarin, oleh kepolisian Korea Selatan.

Status ini melekat ke Seungri, setelah malam sebelumnya polisi menggerebek klub malam yang ia kelola dan mendapat bukti bocoran percakapan group chat Kakaotalks Seungri. Di mana menurut berita lokal Korea, tercantum pernyataan Seungri yang menawarkan dan menyanggupi untuk memasok wanita penghibur ke salah satu calon investornya.

Wanita penghibur ini dipasok ke klub malam miliknya yang berada di kawasan elit ibukota Korea Selatan, Gangnam- Seoul. Ia juga dicurigai menawarkan dan mengatur layanan seksual bagi para pengunjung klubnya.

Mega Skandal Seungri: Seks, Narkoba, dan Aksi Suap PolisiFoto: Seungri, anggota band K-pop Korea Selatan Big Bang, tiba untuk ditanyai atas kasus suap seks di Kantor Polisi Metropolitan Seoul di Seoul, Korea Selatan, 14 Maret 2019. (REUTERS / Kim Hong-Ji)


Narkoba dan Kekerasan Seksual
Pada akhir Januari, rekaman CCTV pun muncul dari dugaan penyerangan di klub Burning Sun, sebuah klub malam di Seoul di mana Seungri duduk sebagai dewan direksinya.

Seorang pria yang diketahui bernama Mr Kim mengklaim jadi korban serangan yang libatkan aparat keamanan, namun belakangan diketahui bahwa ia justru biang keroknya dan polisi langsung membengkuknya.

Dari sana penyelidikan dimulai dan diketahui terdapat indikasi penggunaan penyalahgunaan narkoba. Diduga terdapat kamera tersembunyi, yang merekam aksi tak senonoh di mana para wanita diberi minuman (berisi obat) lalu dilecehkan secara seksual sambil direkam.

Mega Skandal Seungri: Seks, Narkoba, dan Aksi Suap PolisiFoto: Seungri, anggota band K-pop Korea Selatan Big Bang, tiba untuk ditanyai atas kasus suap seks di Kantor Polisi Metropolitan Seoul di Seoul, Korea Selatan, 14 Maret 2019. (REUTERS / Kim Hong-Ji)


Bermula dari Bocornya Kakao Talks
Pada akhir Februari, serangkaian pesan teks pada aplikasi pesan populer KakaoTalk bocor dan heboh diberitakan media lokal. Menurut laporan polisi, mereka menemukannya di salah satu ponsel pengirim pesan. 

Pesan-pesan yang dilaporkan oleh berita lokal mengatakan bahwa Seungri, penyanyi dan aktor Korea Jung Joon Young, dan sejumlah pria lainnya terlibat. Pesan itu menunjukkan kepada orang-orang soal percakapan Seungri yang meminta pegawainya untuk menyediakan wanita penghibur dan menemani investor Taiwan di klub Arena, miliknya. 

Kendati demikian, Seungri pun membantah melakukan kesalahan dan mengatakan bahwa pesan tersebut buatan media belaka. Namun beda dengan polisi, yang mengatakan bahwa pesan itu cukup untuk modal penyelidikan awal mereka. 

Indikasi Suap Polisi
Terlepas dari hal tersebut siapa sangka ternyata rentetan kasus yang menyeret nama Seungri melibatkan petinggi polisi. Menurut laman Naver, klub Burning Sun yang merupakan milik Seungri dilindungi atau mendapatkan bekingan dari petinggi polisi.

Hal ini diungkapkan secara langsung oleh Pengacara Bang Jung Hyun  yang merupakan sosok di balik terungkapnya kasus Seungri. Dia membongkar dan mengirimkan isi percakapan grup Kakao Talk Seungri dan Joon Young.

Dalam percakapan itu terdapat rekaman video seksual dan penggunaan jasa prostitusi, yang dilaporkan ke Komisi Anti Korupsi dan Hak Asasi Manusia Korea Selatan.

Si pengacara mengatakan data percakapan yang ia punya sangat banyak, mencapai puluhan ribu obrolan yang terjadi di periode 2015 sampai 2016. Setelah  menelusuri percakapan ditemukan beberapa percakapan yang melibatkan oknum oknum  polisi di negara tersebut. 

Mengetahui hal ini, sang pengacara pun kemudian memutuskan untuk mengirim bukti itu ke 'KPK' Korea, bukan ke kepolisian karena jika dikirim ke polisi khawatir yang pertama akan dicari adalah si informan tersebut, bukan fokus pada kasusnya.

Meski ia agak ragu untuk membuka seluruh informasi di kasus tersebut, namun ia meyakinkan bahwa polisi yang terlibat bukan sembarangan. Tapi sudah masuk jajaran petinggi polisi di negeri itu.

Misalnya, ketika ada kejadian, seseorang di percakapan itu menjawab. "Saya akan kontak pejabat lebih tinggi" atau "Saya sudah bicarakan dengan atasan saya, sudah beres."

Jung Hyun mempertegas, bahwa si polisi memiliki jabatan yang tidak biasa atau setara dengan komisaris jenderal kepolisian Korea Selatan. Kendati demikian, dia masih belum yakin seberapa kuat hubungan para tersangka dan polisi. 


Apa yang terjadi dengan YG dan sahamnya?
YG Entertainment merupakan salah satu dari agensi manajemen K-pop yang  berada di tiga besar setelah SM Entertainment dan JYP Entertainment. YG mengelola boyband BigBang, 2NE1, iKon, BlackPink, dan Psy yang populer lewat lagu "Gangnam Style".

Mega Skandal Seungri: Seks, Narkoba, dan Aksi Suap PolisiFoto: Girl Band Korea Blackpink (dok. Instagram : @blackpinkofficial)


Rapper Psy kemudian menjadi sensasi viral secara global pada tahun 2014 setelah video "Gangnam Style" -nya memecahkan rekor YouTube, terus meningkatkan visibilitas K-pop di panggung dunia. Baru-baru ini, grup gadis terbaru YG yakni BLACKPINK telah mencuri pasar pasar AS dan muncul di sampul Billboard dan mencuri perhatian.

Minggu ini, stok YG turun sekitar 14%, SM mengalami penurunan 11%, sementara JYP turun 4,5%, menurut Bloomberg. Industri K-pop adalah bisnis besar secara global, yang menghasilkan industri hampir US$ 5 miliar.

[Gambas:Video CNBC] (gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading