Seungri, Jung Joon Young, dan Tren Pelecehan Seksual di Korea

Lifestyle - Gustidha Budiartie, CNBC Indonesia
13 March 2019 - 14:45
Seungri, Jung Joon Young, dan Tren Pelecehan Seksual di Korea
Jakarta, CNBC Indonesia- Dua selebriti Korea tersangkut skandal seks yang jadi sorotan utama di negeri ginseng saat ini. Pertama adalah Seungri, personel boyband Korea Selatan BigBang yang fenomenal. Lalu, Jung Joon Young, kawan Seungri yang lebih dikenal dengan reality show-nya.

Dilansir dari AFP, Jung Joon Young -30- setibanya di Korea dan mengikuti proses hukum akhirnya mengaku bahwa ia diam-diam merekam aktivitas seksualnya, dan menyebarkannya ke kawan-kawannya.


Joon Young menjadi sorotan karena diketahui ia merekam aktivitas seksual dengan 10 perempuan, dan menyebarkannya di grup chat- yang belakangan diketahui terdapat Seungri di dalamnya.


Sebelumnya, Joon Young berada di Amerika Serikat untuk keperluan syuting dan kembali ke Korea Selatan, Selasa kemarin. Di bandara Incheon, Joon Young sudah dinantikan ratusan juru foto dan juga netizen yang berdesak-desakan untuk meminta keterangannya.

Belakangan, Joon Young mengaku menyesal atas peristiwa lalu tersebut dan memutuskan untuk mundur dari dunia hiburan, seperti kawannya Seungri. "Saya mengakui segala tindakan saya," katanya, dilansir dari AFP, Rabu (13/3/2019).

"Saya merekam para wanita itu tanpa konsen mereka dan menyebarkannya di grup chat, dan saat saya melakukannya tanpa merasa salah sama sekali saat itu," ujarnya dalam rilis.

Joon Young merupakan satu dari tiga artis pria di grup tersebut yang acapkali ketahuan membagikan rekaman video seks mereka, dikutip dari SBS.

Sementara, Seungri, member boyband sukses Bigbang, juga sudah mengumumkan pensiun dini dari jagat hiburan Senin kemarin, terkait dengan investigasi kasus penyediaan jasa prostitusi.

Artis Kpop yang selama ini jadi andalan pemerintah Korea Selatan untuk mempromosikan budaya mereka memang biasanya dikenal 'bersih' dari skandal, dengan pencitraan anak baik-baik. Sehingga kasus yang tengah heboh ini, cukup membuat terkejut publik di sana.


Joon Young sebenarnya bukan kali ini saja terkait skandal, 2016 lalu Joon Young juga pernah dituntut karena merekam video seks tanpa sepengetahuan si perempuan. Namun, kejaksaan memutuskan tidak ada bukti, dan si perempuan juga keburu menarik tuntutannya.

Kepolisan metropolitan Seoul akan menginterogasinya pekan ini, kata sumber AFP.

Sebelumnya, kepolisian telah menginterogasi Seungri atas kasus dugaan menyediakan jasa PSK ke investor yang tengah ia lobi di klub malam yang berada di distrik elit, Gangnam.

Penyanyi berusia 29 tahun ini juga tengah diinvestigasi atas aksi kriminal yang terjadi di Burning Sun, klub malam di mana ia duduk sebagai jajaran direksinya, dan dugaan kasus di mana stafnya menggunakan kamera tersembunyi untuk merekam wanita-wanita yang mabuk (atau dibikin mabuk dengan narkotika) untuk kemudian dilecehkan secara seksual.

Pemerintah Korea Selatan memang tengah memerangi tren 'molka', tren di mana para lelaki hobi merekam video wanita secara diam-diam dan melakukan aksi tak senonoh untuk dibagikan ke sesama. "Kasus ini membuktikan bintang pria Kpop juga tak terkecuali untuk ambil bagian di tren yang sangat mengusik dan mengganggu ini, dan mengeksploitasi wanita," ujar aktivis Bae Bok Ju, kepada AFP.

Simak video mengeruk cuan dari mengurus artis Korea di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]



(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading