Presiden Korea Sampai Turun Tangan di Skandal Seks Seungri Cs

Lifestyle - Gustidha Budiartie, CNBC Indonesia
19 March 2019 11:53
Presiden Korea Sampai Turun Tangan di Skandal Seks Seungri Cs
Jakarta, CNBC Indonesia- Mega skandal yang membelit deretan artis Kpop, dimulai dari bocornya percakapan Seungri dan kawan-kawan soal penyediaan jasa prostitusi, akhirnya menjadi perhatian orang nomor satu di negeri ginseng itu.

Dikutip dari Bloomberg, Presiden Korea Selatan Moon Jae-in telah meminta investigasi khusus untuk kasus seks sampai dugaan korupsi di klub-klub malam yang berada di jantung ibukota, Seoul.

Presiden Korea Sampai Turun Tangan di Skandal Seks Seungri CsFoto: Presiden Korea Selatan Moon Jae-in menyampaikan pidatonya mengenai proposal anggaran pemerintah 2019 selama sesi pleno di Majelis Nasional di Seoul, Korea Selatan, 1 November 2018. REUTERS / Kim Hong-Ji / Pool



Tidak cuma kasus yang tengah membelit Seungri, Moon Jae-in juga menginstruksikan aparat kepolisian kembali membuka kasus-kasus lama yang terkait dugaan prostitusi maupun korupsi yang pernah terjadi.

Seperti kasus yang membuat aktris Korea Jang Ja Yeon meninggal bunuh diri pada 2009, di mana sebelum bunuh diri ia meninggalkan surat setebal 7 halaman dan menulis siapa-siapa saja yang terlibat dalam pemaksaan dirinya melakukan hubungan seksual dengan beberapa eksekutif di dunia entertainment.

"Terdapat kasus yang menunjukkan dugaan kuat dan ada di depan mata penduduk Korea, tapi kebenerannya tersembunyi selama ini, dan beberapa di antaranya bahkan sengaja menyembunyikannya," ujar Moon, dilansir dari Sedaily, Selasa (19/3/2019).

Moon menambahkan rentetan peristiwa terakhir dan segala dugaan kasus mulai dari bekingan aparat hingga prostitusi yang terjadi di tengah kota, sangat mengejutkan.

Skandal seks, prostitusi, dugaan penyimpangan pajak, bekingan polisi, sampai dugaan penyalahgunaan narkoba yang marak mewarnai pemberitaan dalam dua pekan terakhir memang mencoreng industri Kpop. Industri yang selama ini mencerminkan citra; bersih, lucu, dan polos untuk promosi budaya dan wisata negeri Korea.

Presiden Korea Sampai Turun Tangan di Skandal Seks Seungri CsFoto: Seungri, anggota band K-pop Korea Selatan Big Bang, tiba untuk ditanyai atas kasus suap seks di Kantor Polisi Metropolitan Seoul di Seoul, Korea Selatan, 14 Maret 2019. (REUTERS / Kim Hong-Ji)


Seperti kotak pandora, nama demi nama dan kasus demi kasus mulai terungkap begitu Seungri - mantan personel boyband BigBang- ditetapkan sebagai tersangka oleh aparat.

Presiden Korea Sampai Turun Tangan di Skandal Seks Seungri CsFoto: Infografis/Deretan Artis Kpop yang Terseret Skandal Prostitusi Seungri/Arie Pratama


Seungri diinvestigasi kepolisian selama belasan jam untuk dugaan penyediaan jasa prostitusi yang diketahui dari bocoran percakapan di grup Kakaotalk. Dalam grup tersebut, terdapat beberapa nama selebriti lainnya dan pemilik klub, yang belakangan ikut terseret.

Saksikan video ulasan singkat mega skandal seks Seungri 
[Gambas:Video CNBC] (gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading