Rp 7,4 T Lenyap Gara-gara Skandal Seks Seungri Cs

Lifestyle - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
19 March 2019 12:51
Rp 7,4 T Lenyap Gara-gara Skandal Seks Seungri Cs
Jakarta, CNBC Indonesia - Skandal seks yang melibatkan vokalis Korean pop atau Kpop dan anggota grup musik Big Bang, Seungri (yang bernama asli Lee Seung-hyun), telah merugikan para investor di bursa Korea Selatan.

Pasalnya, peristiwa tersebut telah membuat saham-saham perusahaan hiburan Negeri Ginseng itu hancur lebur dalam beberapa pekan terakhir.



Seungri dituduh menyediakan pekerja seks komersial kepada investor di klub miliknya. Tidak hanya itu, pihak kepolisian juga sedang memproses surat perintah penahanan terhadap seorang selebritas lainnya, Jung Joon-young, terkait beberapa video seks yang diduga telah ia sebarkan di aplikasi chat Kakaotalk.


Saham YG Entertainment, perusahaan yang menaungi Bing Bang dan Seungri, hancur lebur 24,8% sejak periode 25 Februari setelah sang artis diselidiki pihak kepolisian terkait dugaan penggunaan obat-obatan terlarang dan prostitusi, dilansir dari CNBC International, Selasa (19/3/2019).

Saham lima perusahaan hiburan terbesar di Korea Selatan telah kehilangan 17,52% nilainya sejak 25 Februari hingga 15 Maret.

Rp 7,4 T Lenyap Gara-gara Skandal Seks Seungri CsFoto: Infografis/Infografis seungri dan sisi gelap industri kpop/Aristya Rahadian Krisabella

Tercatat kapitalisasi pasar emiten-emiten tersebut senilai sekitar 590 miliar won (Rp 7,4 triliun) lenyap sepanjang periode tersebut. Nilai saham mereka anjlok menjadi 2,76 triliun won (Rp 34,7 triliun) dari sebelumnya 3,35 triliun won.

Saham-saham SM Entertainment, Cube Entertainment, dan FNC Entertainment telah anjlok lebih dari 20% sejak 25 Februari hingga 15 Maret. Sementara itu, saham JYP Entertainment hanya kehilangan 5,5% selama periode tersebut.



Seungri dan beberapa rekan selebritasnya dilaporkan menjadi anggota grup chat di mana Jung mengirimkan video dirinya yang sedang berhubungan seksual dengan beberapa wanita.

Jung dan Choi Jong-hoon, seorang anggota boyband FT Island yang juga diduga berada di grup tersebut, mengumumkan pengunduran dirinya.


Saksikan video fans Kpop yang menjambak Jung setelah skandal seksnya terungkap berikut ini.

[Gambas:Video CNBC]

(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading