Malam Tahun Baru 2019, Grab Catat 31.000 Perjalanan

Lifestyle - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
07 January 2019 15:59
Malam Tahun Baru 2019, Grab Catat 31.000 Perjalanan
Jakarta, CNBC Indonesia - Malam pergantian tahun adalah waktu yang ditunggu oleh sebagian orang. Entah hanya ingin menghabiskan waktu di rumah atau sekedar nongkrong di suatu tempat. Sayangnya, tahun baru biasanya identik dengan macet, dan jalanan yang dipenuhi oleh pawai.

Namun, ide untuk menghabiskan pergantian tahun di luar rumah bukan hanya mimpi. Dengan taksi online, tak perlu repot memikirkan lahan parkir hingga risau akibat kelelahan terjebak macet.

Buktinya, berdasarkan data dari Grab, ada 31.465 perjalanan bersama Grab di 8 negara Asia Tenggara saat tengah malam pergantian tahun. Adapun asumsinya setiap perjalanan ditempuh dengan satu orang penumpang dan mitra pengemudi, artinya ada lebih dari 63 ribu orang sedang dalam perjalanan bersama Grab.


Tak sampai disitu, Grab mencatat ada lebih dari 9 juta pesan yang dikirim melalui Grab Chat. Ini terjadi antara pukul 17.00 hingga tengah malam pada 31 Desember 2018. Pesan-pesan tersebut termasuk foto dan juga pesan suara.

Sementara itu, waktu paling populer bagi masyarakat Asia Tenggara untuk keluar rumah jelang pergantian tahun adalah sekitar pukul 22.00 sampai 23.00. Waktu-waktu ini terpantau mengalami lonjakan terbesar dalam jumlah pesanan dibanding hari Senin biasa.

Kembali dari perayaan tahun baru, terpantau orang-orang pulang antara pukul 01.00 sampai 02.00 dini hari. Waktu-waktu ini menjadi jumlah pesanan tertinggi setelah tengah malam dibanding dengan hari biasanya.

Dari beberapa kota di Asia Tenggara, di Yangon pada pukul 01.00 dini hari bahkan terjadi lonjakan pesanan hingga 19,7 kali. Angka tertinggi dibanding dengan wilayah lain seperti di Bangkok, Hanoi, Singapura hingga Jakarta.

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading