Ingin Bekerja Dengan Jack Ma, Penuhi Kriteria-kriteria Ini

Lifestyle - Roy Franedya, CNBC Indonesia
01 January 2019 18:24
Jakarta, CNBC Indonesia - Dalam mengembangkan perusahaan, pemilik atau pendiri mempekerjakan orang yang tepat. Hal ini juga dirasakan oleh Jack Ma pendiri raksasa teknologi Tiongkok, Alibaba Group.

Dalam acara pertemuan tahunan Internasional Moneter Fund (IMF) dan World Bank (Bank Dunia) pada Agustus lalu di Bali, Jack Ma menceritakan kesalahan perekrutan yang dilakukannya pada awal-awal membangun Alibaba.

"Ketika saya mengumpulkan dana putaran pertama, besarnya US$5 juta. Saya mempekerjakan banyak wakil presiden dari perusahaan multinasional. Salah satu VP pemasaran datang kepada saya, dia memberi saya sebuah proposal, dia berkata: Pak, ini adalah rencana pemasaran bisnis tahun depan kita," ujar Jack Ma bercerita.


Rencana itu menelan biaya US$12 juta - jauh melebihi anggaran belanja yang mampu dibayar perusahaan saat itu, Jack Ma menjelaskan. Tetapi karyawan itu mengakui bahwa dia belum pernah melakukan rencana bisnis di bawah US$ 10 juta.

"Jadi saya katakan: Baiklah, ini bukan salahnya, ini salah saya,'" kata Ma, seraya menambahkan bahwa dia menyadari keputusannya untuk mempekerjakan orang-orang itu kemudian sama dengan menempatkan mesin Boeing 747 ke dalam traktor.

Tidak ada orang 'terbaik'

Sejak itu, Alibaba telah tumbuh menjadi raksasa e-commerce dengan lebih dari 80.000 karyawan di seluruh dunia dan merupakan salah satu perusahaan paling menarik di China, menurut peringkat yang dilakukan perusahaan konsultan Universum.

Ingin Bekerja Dengan Jack Ma, Penuhi Kriteria-kriteria IniFoto: Infografis/Crazy Rich China/Arie Pratama

Dalam mencapai kesuksesannya, salah satu aturan pertama Jack Ma dalam merekrut orang: Hindari orang-orang "terbaik" dan "pakar".

"Saya benci mempekerjakan orang yang datang sebagai ahli karena tidak ada ahli masa depan, mereka selalu ahli kemarin," kata Jack Ma. "Tidak ada orang terbaik. Orang-orang terbaik selalu ada di perusahaan, Anda melatih mereka untuk menjadi yang terbaik. "

Dan itu dimulai dengan mengajak orang yang siap belajar dan tidak takut melakukan kesalahan, tambahnya.

[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
1 dari 2 Halaman
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading