Kalahkan Jepang, Orang Indonesia Lebih Siap Hadapi Pensiun

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
16 November 2018 11:37
Kalahkan Jepang, Orang Indonesia Lebih Siap Hadapi Pensiun
Jakarta, CNBC Indonesia- Membayangkan hidup nyaman saat pensiun memang tidak ada salahnya. Tak heran bila setiap orang di berbagai negara mempersiapkan keuangan untuk masa pensiun mereka.

Namun siapa sangka, Mercer Global Pension Index (MMGPI), sebuah laporan tahunan yang menyatukan pendapat pemerintah, industri dan akademisi tentang sistem pensiun di seluruh dunia menyatakan bahwa selama enam tahun berturut-turut, skor Indonesia terus meningkat dalam Melbourne Mercer Global Pension Index (MMGPI).




Tahun ini, Indonesia meraih skor 53,1 dibanding 49,1 pada tahun sebelumnya, sehingga posisi Indonesia naik dari kategori D menjadi C.
 
Indonesia berada di kategori yang sama dengan Arab Saudi, Amerika Serikat, Malaysia, Brazil, Hong Kong SAR, Spanyol, Polandia, Austria, Italia dan Afrika Selatan, meskipun skor setiap negara berbeda-beda.

Dengan skor ini, Indonesia bahkan mengalahkan Jepang dan Korea, yang masing-masing meraih skor 48,2 dan 47,3.

Bill Johnston, Presiden Direktur dan CEO Mercer Indonesia mengatakan, Indeks pensiun Indonesia naik ke kategori C tahun ini, yang berarti sistem pensiun di Indonesia memiliki sejumlah fitur yang baik, tapi juga memiliki beberapa resiko. Diantaranya, seperti masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan untuk memperbaiki sistem pendapatan pensiun di Indonesia.
 
"Ini termasuk di antaranya memberikan tunjangan minimum untuk penduduk lanjut usia dengan status ekonomi rendah, menambah jumlah program pensiun untuk pekerja, serta memperbaiki peraturan perundang-undangan tentang sistem pensiun swasta dan memperbaiki komunikasi kepada anggota program pensiun. Tanpa upaya terbebut, efektivitas dan keberlanjutan jangka panjang sistem pensiun dapat dipertanyakan," kata Johnson dalam Siaran Pers yang diterima CNBC Indonesia, Jumat (16/11/2018).

Tidak hanya itu, MMGPI 2018 menunjukkan bahwa skor Indonesia meningkat berkat keberhasilan implementasi program jaminan pensiun Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan yang diterapkan oleh pemerintah sejak tahun 2015.

Dimana para pemberi kerja maupun pekerja membayar iuran dengan persentase tetap dari upah per bulan. Reformasi sistem pensiun ini telah secara signifikan meningkatkan tingkat penggantian bersih dalam sub indeks kecukupan. 

Peningkatan skor indeks pensiun Indonesia juga didorong oleh pertumbuhan ekonomi selama tiga tahun terakhir dan prospek positif untuk tiga tahun ke depan.
(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading