5 Kebiasaan Buruk yang Bikin Milenial Miskin di Hari Tua

Lifestyle - Arina Yulistara, CNBC Indonesia
20 November 2018 21:18
5 Kebiasaan Buruk yang Bikin Milenial Miskin di Hari Tua
Jakarta, CNBC Indonesia - Setiap orang tentu ingin pensiun dengan keuangan yang mapan. Namun, ada sejumlah kebiasaan buruk yang membuat Anda sulit kaya dan tidak memiliki tabungan cukup saat hari tua.

Berikut adalah lima kebiasaan buruk menggunakan uang yang buat Anda sulit kaya dan miskin di hari tua seperti dilansir CNBC International, Selasa (20/11/2018).

1. Perencanaan yang gagal
Perencanaaan keuangan Anda selalu gagal? Ini bisa menjadi tanda Anda akan kesulitan pada masa pensiun. Sebuah penelitian terbaru dari University of Scranton mengungkap 92% orang tidak mencapai tujuan yang mereka impikan karena tidak bisa mengatur dengan baik finansial mereka.


Banyak orang tidak bisa merencanakan keuangan mereka dengan baik sehingga rentan terhadap pembelian impulsif, pengeluaran melebihi batas, serta tak mampu membuat keputusan bijak dalam menggunakan uang.

Untuk itu, setiap pengeluaran harus dibagi ke dalam pos-pos tertentu. Miliki catatan dan membatasi pengeluaran yang tidak menguntungkan. Catatan bisa membantu mengontrol pengeluaran yang tak diinginkan.


2. Mengatur tujuan yang tidak realistis
Banyak orang memiliki impian yang tidak sesuai dengan perencanaan keuangan mereka. Tujuan yang tidak jelas, terlalu luas, atau berlebihan tanpa batas waktu bisa membuat Anda gagal merencanakan keuangan.

Banyak milenial di bawah 35 tahun yang sudah memiliki utang menumpuk. Banyak tujuan utang yang tidak realistis karena menetapkan standar terlalu tinggi dan waktu tak dibatasi. Misalnya saja dalam memilih sekolah yang punya standar tinggi demi gengsi padahal keuangan terbatas.

Evaluasi diri sendiri. Tetapkan tujuan jangka pendek untuk bisa menggapai rencana jangka panjang. Sebuah langkah kecil lebih praktis untuk digapai dan bisa memotivasi diri demi bisa mencapai target. Jangan biarkan siapa pun mendikte atau menetapkan tujuan dalam hidup Anda.


3. Gegabah
Tak sedikit milenial yang gegabah dalam mengejar sesuatu. Mereka memiliki ambisi kuat tapi kurang sabar. Banyak yang kurang sabar akhirnya mengubah tujuan mereka dan menghambat keuangan pribadi.

Pakar ekonomi Shlomo Benartzi tidak menganjurkan orang untuk membuat keputusan cepat dan buruk ketika datang ke pasar saham. Ingat, kesuksesan finansial adalah proses yang membutuhkan waktu. Jika memiliki sifat kurang sabar sebaiknya melakukan perencanaan jangka pendek yang mudah digapai.

5 Kebiasaan Buruk yang Bikin Milenial Miskin di Hari TuaFoto: Infografis/Kota Terkaya/Arie Pratama



4. Menunda-nunda
Berbagai penelitian telah menyimpulkan kalau 20% populasi di Amerika Serikat (95% mahasiswa) mengaku kalau mereka sering menunda-menunda dalam melakukan sesuatu termasuk merencanakan keuangan. Mereka lebih kecanduan terhadap ponsel dan teknologi serta media sosial.

Masalah ini menjadi hambatan bagi milenial dalam menggapai level keuangan yang mereka inginkan karena sering menunda menabung atau berinvestasi. Coba setiap kali ingin menunda sesuatu, putuskan untuk segera melakukannya.

Cari tahu kekurangan Anda dan rumuskan strategi dalam menghadapinya. Coba praktekkan disiplin diri, membuat keputusan yang baik, dan mempetahankan ketegasan untuk mengontrol diri.


5. Sering membuat keputusan buruk
University of Warwick di Inggris meneliti hubungan sebab-akibat antara kemiskinan dan pengambilan keputusan yang buruk dalam mengeluarkan uang. Hasilnya tak diragukan lagi bahwa memang ada hubungannya.

Penduduk berpenghasilan rendah seringkali membuat keputusan buruk dalam mengeluarkan uang karena ekspektasi berlebihan. Sebaiknya, Anda jangan sampai 'dibutakan' oleh keadaan saat ini karena bisa menghambat tujuan keuangan.



(ray/ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading