Ingin Pensiun dengan Tenang, Kaya & Bisa Liburan? Ini Tipsnya

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
26 October 2019 17:06
Ingin Pensiun dengan Tenang, Kaya & Bisa Liburan? Ini Tipsnya
Jakarta, CNBC Indonesia - Banyak orang ingin memiliki masa pensiun yang tenang dan sejahtera. Bahkan tak sedikit dari mereka yang menghabiskan waktu pensiun dengan bepergian.

Mungkin Anda tidak akan terlalu memikirkan dana pensiun jika bekerja di perusahaan atau lembaga yang memberikan dana pensiun saat usia senja. Meski demikian, bukan berarti Anda yang tidak bekerja di tempat seperti itu, akan hidup sengsara di hari tua.


Josh Jalinski, penulis "Retirement Reality Check" dan presiden Jalinski Advisory Group, memiliki empat tips menghemat uang yang dapat membantu Anda membayar biaya perjalanan di masa pensiun. Berikut paparannya dilansir CNBC Make It.


1. Mulai menabung


Jalinski menyarankan menyimpan 10% hingga 15% dari penghasilan Anda untuk pensiun sesegera mungkin.

2. Fokus pada pendapatan


Menurutnya strategi menghabiskan pendapatan haruslah tepat. Pasalnya terlalu banyak orang yang fokus pada alokasi dan diversifikasi aset daripada pendapatan aktual yang mereka butuhkan dalam masa pensiun, biasanya terjadi pada para pekerja.



3. Pertimbangkan anuitas ramah konsumen


Sebuah anuitas dapat menjadi alat bagi Anda untuk mendapatkan gaji, atau playcheck selama sisa hidup Anda, kata Jalinski.

Anuitas dalam teori bisnis adalah rangkaian penerimaan atau pembayaran tetap yang dilakukan secara berkala pada jangka waktu tertentu, seperti bunga yang diterima dari obligasi atau dividen tunai dari suatu saham preferen


Asuransi misalnya memang lebih ramah konsumen dan murah. Namun, ia memperingatkan bahwa pembeli harus memperhitungkan risiko dan biaya tambahan.

4. Jadilah pajak yang cerdas


Jalinski mengatakan, terlalu banyak orang punya uang tanpa memikirkan cara memaksimalkan manfaat pajak mereka. Ia menilai ini harus dipikirkan agar bisa tenang saat pensiun nanti.

[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading