Ini Cara Efektif Minta Naik Gaji ke Atasan, Cobain!

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
20 April 2022 10:55
Aktifitas karyawan di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (16/1/2018). Paska tragedi ambruknya koridor di Tower 2 BEI kemarin (15/1), aktifitas hari ini berjalan normal meski sebagian karyawan yang berkantor di Tower 2 diliburkan.

Jakarta, CNBC Indonesia - Gaji bulanan tentu menjadi salah satu pertimbangan utama seseorang dalam memilih pekerjaan. Seiring waktu, besaran gaji bisa meningkat dengan mempertimbangkan performa karyawan, lama bekerja, serta kondisi keuangan perusahaan.

Namun, ada kalanya seseorang merasa sudah setia bekerja untuk sebuah pekerjaan, namun gaji yang diterima tidak kunjung naik. Jika berada di posisi seperti itu, apa yang harus dilakukan?

Sebelum menghadap atasan untuk meminta kenaikan gaji, Anda sebaiknya menjawab dulu pertanyaan berikut:


  • Apakah saya berhasil mencapai target?
  • Apa saya bisa diandalkan atasan?
  • Apa saya proaktif mengerjakan sesuatu tanpa diminta?
  • Apa pekerjaan saya selalu konsisten mencapai hasil yang bagus?

Jika Anda merasa pantas mendapat kenaikan gaji, berikut adalah tahapan yang bisa Anda ikuti untuk meminta kenaikan gaji, seperti dikutip dari Money Management:

1. Lakukan riset

Lakukan riset mandiri untuk mengetahui berapa kisaran gaji yang pantas untuk posisi Anda saat ini. Anda bisa melakukan riset online atau berkonsultasi dengan orang lain di industri Anda. Pastikan untuk mempertimbangkan tingkat pengalaman, pendidikan, dan kota tempat tinggal Anda karena semua faktor ini akan mempengaruhi gaji.

2. Cari waktu yang tepat

Sebelum meminta kenaikan gaji, pertimbangkan kondisi keuangan perusahaan Anda. Kemungkinan Anda akan menerima kenaikan gaji akan sangat kecil jika perusahaan sedang merugi.

Selain itu, carilah waktu yang tepat untuk berbicara pada atasan, jangan saat jam dia sibuk atau tampak sedang banyak pikiran.

3. Siapkan argumen yang tepat

Anda harus siap jika mendapat pertanyaan balik tentang kenapa Anda harus mendapat kenaikan gaji. Bos Anda mungkin ingin mengajukan pertanyaan tentang nilai kenaikan gaji yang Anda ajukan, proyek yang Anda kerjakan, dan hal lain yang mungkin muncul sebagai bagian dari promosi Anda. 

Untuk memperkuat argumen, Anda sebaiknya sudah menyiapkan daftar kontribusi yang sudah Anda berikan pada perusahaan, termasuk juga daftar skill unik yang bisa Anda tawarkan. 

4. Pikiran solusi yang win-win

Hubungan antara karyawan dan bos harus didasarkan pada hubungan saling menguntungkan. Ketika Anda mendiskusikan gaji, pikirkanlah apa yang bisa perusahaan dapatkan dengan menaikkan gaji Anda. 

Anda boleh bersikap tegas saat meminta gaji yang pantas Anda dapatkan, tetapi jangan tinggalkan ultimatum seperti "beri saya kenaikan gaji atau saya berhenti" jika belum siap untuk pindah ke pekerjaan baru.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Anti Malas-malasan, Ini Rutinitas Pagi Triliuner Dunia


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading