Berapa Lama Harus Setia dengan Tempat Bekerja Anda?

Entrepreneur - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
15 November 2018 18:33
Berapa Lama Harus Setia dengan Tempat Bekerja Anda?
Jakarta, CNBC Indonesia- Bekerja menjadi bagian dari hidup. Namun, dalam bekerja, usahakan untuk tidak terlalu diforsir. Lonjakan pekerjaan yang berlebihan dapat merusak resume Anda menurut penulis dan pengarang buku laris, serta kontributor CNBC, Suzy Welch. Meski begitu bekerja terlalu lama juga sama berbahayanya bagi karier Anda.

"Beberapa tahun yang lalu, itu adalah standar bagi lulusan untuk mendaftar diri untuk berkarir di perusahaan dengan harapan akan berakhir dengan kekayaan dan pensiun yang sejahtera," kata Welch kepada CNBC Make It. 




Dia menambahkan bahwa perekonomian tentunya akan berubah setelah mereka mulai masuk di dunia pekerjaan. Itulah sebabnya, hampir tidak ada yang mengharapkan pekerjaan pertama mereka, atau hampir semua pekerjaan, menjadi pekerjaan terakhir mereka.

Pada titik tertentu, Anda akan berganti pekerjaan untuk peluang baru, bayaran yang lebih besar dan pengembangan pribadi. Hanya saja pertanyaannya kapan hal tersebut bisa Anda lakukan? 

"Menurut pendapat saya, waktu yang wajar untuk meninggalkan pekerjaan Anda dari pekerjaan sebelumnya adalah tiga hingga lima tahun. Semakin lama Anda tinggal di satu perusahaan akan semakin banyak manajer perekrutan mulai bertanya, Dapatkah calon ini menyesuaikan diri dengan budaya yang berbeda, kecepatan yang berbeda, cara yang berbeda dalam melakukan sesuatu?," kata Welch.

Pada akhirnya, manajer perekrutan pun ingin tahu apakah mereka dapat mengajari karyawan lama dengan trik baru. Tentu ini bukanlah hal menyenangkan bila terjadi terhadap siapapun.

Dia menyarankan pada karyawan untuk mulai berpikir tentang langkah karir mereka kedepannya dan mengambil langkah pada usia masa kerja setidaknya 3 tahun. Itu karena akan memberi Anda cukup landasan  sebelum resume Anda mulai terlihat membosankan.

Welch memperingatkan, satu pengecualian untuk garis waktu tiga atau lima tahun tersebut. Dimana jika Anda memiliki hasrat untuk apa yang Anda lakukan, dan melihat jalur yang bisa dicapai ke puncak karir, maka tetaplah bertahan. 

Tidak ada alasan untuk meninggalkan pekerjaan yang Anda sukai jika itu memiliki masa depan yang menyenangkan bagi Anda.

"Tetapi jika seperti kebanyakan orang, Anda tahu bahwa kepergian Anda hanya masalah waktu, jangan tanya siapa yang membunyikan lonceng. Pada usia lima tahun, itu adalah waktunya untuk Anda," kata dia. (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading