5 Karakter Pegawai Favorit Para Bos Perusahaan

Entrepreneur - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
30 October 2018 19:03
5 Karakter Pegawai Favorit Para Bos Perusahaan
Jakarta, CNBC Indonesia- Para atasan biasanya mencari pekerja dengan ketrampilan dan pengalaman yang berbeda-beda, mencari yang cocok untuk menjalankan dan mengembangkan bisnis mereka.

Kriteria pegawai negeri tentunya beda dengan pegawai swasta, begitu juga pegawai yang bekerja di industri pertambangan akan beda dengan industri media atau teknologi.




Tetapi, di sektor manapun Anda berada ternyata ada kesamaan karakter yang disenangi oleh para atasan yang bisa membantu Anda menggenjot karir atau performa di perusahaan.

Dilansir dari Business Insider, Senin (28/10/2018) berikut adalah 5 karakter pegawai yang disenangi bos perusahaan dari para ahli karir dan penulis Brian Tracy.

Daya Tahan

Marc Cenedella, CEO Ladders, mengatakan bahwa daya tahan membedakan mereka yang berkembang dari mereka yang goyah di tempat kerja.

"Atasan mencari karyawan yang dapat mempertahankan tujuan mereka melalui tantangan yang sulit, bangkit kembali ketika ada yang salah, dan melihat proyek menuju kesuksesan," kata Cenedella kepada Business Insider.

Judge Graham, pengusaha dan pelatih karier, sepakat bahwa memiliki ketahanan untuk dapat menangani stres sangat penting. "Anda tidak dapat membiarkan stres memengaruhi kinerja atau sikap mereka terlepas dari seberapa kuat situasi yang mungkin terjadi," kata Graham.


Keterampilan manajemen waktu
Bukan hanya menghabiskan 12 jam di kantor. Manajer lebih terkesan oleh mereka yang dapat melakukan banyak hal dalam waktu yang lebih sedikit.

Tracy mengatakan banyak produktivitas Anda ditentukan oleh keterampilan manajemen waktu dan kemampuan Anda untuk merencanakan, mengatur, menetapkan prioritas, memecahkan masalah, dan menyelesaikan pekerjaan.

"Seorang karyawan perlu menghargai waktu yang diperlukan untuk mengambil proyek yang berbeda dan menggunakan waktu itu secara efektif. Mempertahankan kecepatan yang stabil dan meyakinkan memungkinkan Anda untuk benar-benar mengasah kemampuan pengambilan keputusan," kata Graham. 

Keberanian
Ciri lain yang membuat pengusaha berbeda adalah tidak takut gagal sekalipun ketika ada tingkat ketidakpastian yang tinggi dan kemungkinan gagal, kata Tracy. CEO dan pendiri Amazon, Jeff Bezos adalah salah satu dari sekian banyak orang sukses yang mengadvokasi ide untuk menerima kegagalan.

"Untuk menciptakan Anda harus bereksperimen, dan jika Anda tahu sebelumnya bahwa itu akan berhasil, itu bukan percobaan. Sebagian besar organisasi merangkul gagasan penemuan, tetapi tidak bersedia menanggung serangkaian percobaan gagal yang diperlukan untuk sampai ke sana," kata Bezos.

Fokus
Bahkan jika Anda tahu bagaimana menyusun hari Anda dengan keterampilan manajemen waktu yang baik, kemampuan untuk fokus Anda akan tetap terjaga. Tetaplah pada zona yang membuat Anda dapat berkonsentrasi dengan baik. "Berpikiran tunggal sampai pekerjaan selesai," kata Tracy.

Ada yang mengatakan fokus adalah karakteristik yang membedakan pengusaha dari orang pintar lainnya. Fokus pada pelanggan juga merupakan karakteristik penting.

"Anda harus mempertahankan fokus tanpa henti untuk selalu melakukan apa yang terbaik untuk pelanggan. Mereka adalah segalanya dan akhir segalanya, dan alasan untuk bisnis di tempat pertama," kata Graham.

Ini adalah titik lain bahwa Bezos, orang terkaya yang hidup, dapat menyetujuinya. Dia mengatakan pada pembicaraan baru-baru ini bahwa dia menghubungkan kesuksesannya dengan fokus obsesif-kompulsif pada pelanggan sebagai lawan obsesi terhadap pesaing.

Integritas
Ini mungkin adalah kualitas yang paling penting untuk sukses dalam kehidupan dan di tempat kerja untuk jangka panjang. Bersikap jujur dengan orang lain dan diri Anda sendiri juga akan menunjukkan kepada atasan Anda bahwa Anda setia. (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading