Bekerja dari Rumah? Ini 5 Kunci untuk Tetap Disiplin

Entrepreneur - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
05 November 2018 11:13
Bekerja dari Rumah? Ini 5 Kunci untuk Tetap Disiplin
Jakarta, CNBC Indonesia- Saat ini ada banyak orang mulai mempertimbangkan untuk mengambil pekerjaan yang bisa dikerjakan di rumah. Tak jarang juga banyak perusahaan yang mulai mengizinkan karyawannya bekerja dari rumah.

Untuk bisa menggelutinya secara profesional, Anda perlu mengetahui  potensi diri sendiri terlebih dahulu. Sebab  bekerja dari rumah bukan untuk semua orang.




Meski bekerja dari rumah memberi banyak keuntungan tetap saja ada hal minus disampingnya seperti kemandekan karir. Ini lantaran keberadaan Anda tidak dirasakan sehingga peluang untuk kesempatan besar untuk Anda sangat kecil.

Jadi bagaimana cara mengelola bekerja dari rumah? Dikutip dari Business Insider, berikut adalah paparannya:

Atur jadwal
Meski bekerja di luar kantor terlihat menyenangkan tapi Anda perlu mengatur waktu untuk memiliki jadwal fleksibel.

Jika Anda sudah melakukannya, Anda tentu mengetahui bahwa bekerja dari rumah tidak sesederhana membuka laptop semata. Perhatikanlah batasan-batasan untuk keluarga dan gangguan lainnya agar Anda tetap fokus bekerja.

Beristirahatlah saat bekerja setidaknya satu jam sekali
Ada produktivitas terbukti dan manfaat kesehatan fisik untuk bangun dari meja Anda secara teratur, dan saya pastikan lakukan secukupnya setidaknya satu jam sekali. 

Ini juga memungkinkan Anda untuk meregangkan kaki dan membuat  aliran darah mengalir. Kembalikan pikiran Anda agar lebih segar  pada konsentrasi yang baru. 

Makan dengan baik
Selain membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat, makan dengan baik membantu meningkatkan energi serta kemampuan Anda untuk tetap fokus. 

Apa yang makan dengan baik sepertinya akan berbeda untuk semua orang. Usahakan konsumsilah banyak sayuran segar, protein yang cukup, dan diet yang tinggi lemak sehat dan rendah karbohidrat dan gula.

Fokus pada proyek yang dikerjakan
Kotak masuk pada email atau apapun tentu akan  terus-menerus akan masuk dalam notifikasi Anda. Namun ada baiknya hal tersebut diabaikan dulu  selama Anda fokus mengerjakan tugas Anda.

Dengan kata lain, sebagian besar tidak penting, dan tentunya tidak sensitif terhadap waktu. Buatlah diri Anda agar tetap produktif.

Ambillah sedikit waktu longgar
Meskipun Anda bekerja sangat keras untuk memenuhi tenggat waktu dan menyerahkan pekerjaan yang berkualitas tinggi, Anda juga harus memiliki waktu untuk meminimalisir tekanan dan stres. Cara ini mampu  memaksimalkan pekerjaan Anda lebih baik lagi.



(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading