Ditanya Soal Gaji Saat Wawancara Kerja? Begini Cara Jawabnya

Entrepreneur - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
05 November 2018 15:44
Ditanya Soal Gaji Saat Wawancara Kerja? Begini Cara Jawabnya
Jakarta, CNBC Indonesia- Saat sesi wawancara pekerjaan tentunya pertanyaan yang sering muncul adalah soal gaji. Pertanyaan umum ini kerap kali membuat seseorang kurang nyaman.

Namun, cara terbaik untuk mengamankan tempat Anda di perusahaan baru adalah dengan menjawab jujur. Ini juga meningkatkan karir Anda. Kendati memang berisiko memberi nilai gaji tapi pastikan Anda memasang nilai pasar Anda sendiri. Untuk itu ketahui terlebih dahulu  lakukan riset.

Spesialis perekrutan yang berbasis di New York City Oliver Cooke memberi tips bagaimana cara yang tepat menjawab pertanyaan tersebut. Dikutip dari CNBC Make It, berikut adalah tipsnya.



Jangan berbohong
Dalam hal ini, para ahli setuju Anda tidak seharusnya berbohong. Penulis buku dan kontributor CNBC yakni Suzy Welch pun setuju. Dia memberi tahu kepada CNBC Make It bahwa kejujuran adalah kebijakan terbaik.

"Orang-orang akan mengatakan kepada Anda bahwa Anda harus memainkan percakapan ini. Itu bukan cara untuk memulai suatu hubungan," kata Welch.


Tambahkan Nilai Tawaran untuk Keahlian/Kemampuan Anda
Menurut Grant Torrens, direktur bisnis Singapura untuk firma perekrutan global Hays, mengatakan bahwa berbagi riwayat gaji Anda dengan perekrut dan manajer perekrutan dapat benar-benar bermanfaat bagi kandidat dan memastikan bahwa gaji yang diharapkan sesuai dengan apa yang bos tawarkan. 

Namun, penting juga untuk berbagi faktor-faktor lain untuk memasukkan bayaran itu ke dalam konteks, seperti keahlian, pengalaman, dan kepribadian, kata Torrens.

Augustine juga setuju, bahwa ini lebih penting lagi jika Anda mencoba untuk mengubah industri jauh lebih, meskipun mungkin ini tidak membantu untuk membandingkan gaji berdasarkan apple to apple.

Dalam hal seperti itu, ia merekomendasikan untuk mengatakan sesuatu seperti, sulit membandingkan gaji saya sebelumnya dengan posisi ini, karena saya bekerja untuk (industri / jenis perusahaan) yang sangat berbeda. Namun, berdasarkan penelitian saya baru-baru ini, saya percaya nilainya dari posisi saya di (industri / perusahaan) seperti milik Anda adalah [$ X], kata Augustine.

Yakin
Akhirnya, tanggapi dengan percaya diri. Kalau Anda menemukan bahwa ternyata Anda digaji terlampau rendah sebelumnya atau memang direkrut dengan gaji rendah ini sekaligus menjadi kesempatan Anda untuk menyatakan kasus Anda, kata Cooke dari perusahaan rekrutmen Selby Jennings.

"Anda mungkin tidak akan berada pada tahap proses itu jika Anda tidak dianggap. Para pengusaha akan memiliki gagasan yang tidak jelas tentang nilai pasar Anda. Lakukan saja penelitian Anda dan terbuka," kata dia.

(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading