Ini Cara Basa-Basi a La Harvard yang Bisa Bikin Anda Sukses

Entrepreneur - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
13 March 2019 - 20:02
Ini Cara Basa-Basi a La Harvard yang Bisa Bikin Anda Sukses
Jakarta, CNBC Indonesia- "Eh, apa kabar?" mungkin kata-kata ini sering Anda temui dalam kehidupan.

Percayalah menanyakan kabar bukan cara yang jitu dan paling tidak berguna di dunia komunikasi. Karena, semua orang tahu yang bertanya cuma sekedarnya dan yang menjawab tidak memberi jawaban sebenarnya.




Menurut para peneliti Harvard, salah satu kunci basa basi sukses justru ada di pertanyaan berikutnya, karena di situlah pertanyaan yang disukai orang.

Berikut trik basa-basi yang bisa menarik minat rekan bisnis atau calon investor Anda, dirangkum dari CNBC Internasional.

1. Mencari tahu latar belakang dan situasi lawan bicara, dan mengkoneksikannya
Tanyakanlah sesuatu yang otentik dan terkoneksi dengan lawan bicara Anda, misal di pekan depan lawan bicara Anda akan ada event penting atau istimewa. Anda bisa langsung bertanya, "Bagaimana persiapan acara pekan depan, sudah oke?" dan lainnya.

2. Manfaatkan kondisi terkini dan trend pemberitaan
Anda bisa terus mengupdate berita yang sedang trend dan kiranya bisa menarik lawan bicara. Misal jika lawan bicara Anda hobi sepakbola bisa mulai diajak bicara tentang hasil pertandingan terakhir klub bola favoritnya atau liga terkait.

3. Amati sekeliling Anda
Nah, buka mata Anda lebar-lebar sebelum membuka mulut. Lihat sekeliling ruangan, kira-kira terdapat benda apa yang menarik. Misal ada pajangan seni, koleksi, atau penghargaan dan foto. Anda bisa mulai bertanya dari sana. Memulai dari hal yang menarik perhatian lawan bicara Anda.

Katakanlah Anda sedang berbicara dengan CEO sebuah perusahaan besar dan ikonik yang akan pensiun, dan Anda melihat sederetan hal mengesankan di sepanjang kantor CEO. 

Anda mungkin mulai dengan pertanyaan, "Seberapa sulit bagi Anda untuk meninggalkan pekerjaan ini?" Ini akan mengarah pada diskusi yang lebih mendalam dan lebih mengungkapkan emosi, dan itu tidak akan pernah terjadi jika Anda tidak memperhatikan bagian dan peluang itu.

4. Bagikan Kabar yang Sebenarnya Terjadi
Jika Anda memiliki kabar baik, bagikan. Percaya atau tidak, kebanyakan orang sebenarnya ingin tahu lebih banyak tentang orang lain, terutama jika mereka berdua bekerja di perusahaan yang sama.

Jika Anda baru mengenal sebuah perusahaan dan memimpin tim, misalnya, mulailah pertemuan pertama Anda dengan berkeliling ruangan dan minta setiap orang untuk mengatakan satu hal menarik yang baru-baru ini terjadi dalam hidup mereka. Sebagai hasil dari berbagi sesaat itu, Anda mengizinkan semua orang untuk merasa lebih dekat dan benar-benar terhubung satu sama lain.

5. Bicara lebih awal
Baik saat Anda bertemu langsung atau menelepon untuk panggilan konferensi, bicaralah lebih awal.

Jika Anda menunggu, dua hal mungkin akan terjadi. Pertama, orang lain akan membuat komentar yang ingin Anda buat , dan kedua, kolega Anda yang lebih banyak bicara akan mengambil alih dengan pertanyaan tindak lanjut mereka sendiri. Anda akan tersesat dalam pembicaraan silang dan kehilangan kesempatan Anda.

6.Lakukan Saja
Untuk para introvert, obrolan ringan bisa menyusahkan. Tetapi jika Anda tidak mengatakan apa pun pada saat-saat itu sebelum rapat dimulai atau ketika Anda dan bos Anda ada di lift, Anda berisiko menjadi tidak terlihat dan kurang menonjol.
Simak video kisah sukses anak muda di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC] (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading