3 Cara Jawab Pertanyaan Soal Gaji Saat Wawancara Kerja

Entrepreneur - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
07 November 2018 14:56
3 Cara Jawab Pertanyaan Soal Gaji Saat Wawancara Kerja
Jakarta, CNBC Indonesia- Ditanya gaji saat wawancara kerja bisa menjadi subjek yang sulit untuk dinavigasi. Meski ketika pertanyaan ini terlontar pastikan Anda harus selalu siap menjawabnya. 

Ada beberapa perusahaan yang meminta Anda cukup membeberkan kisaran, sehingga Anda tidak mengatakan angka sebenarnya. Tetapi meskipun sulit, Anda harus memastikan yang benar. Penulis sekaligus  kontributor CNBC Suzy Welch mengatakan bahwa dapat dimengerti tentang pertanyaan wawancara umum ini dan menyebabkan banyak kandidat sedikit panik dan tak nyaman. Tak heran, Anda perlu menyiapkan jawaban, strategi, kehalusan dan kepercayaan diri.

Di bawah ini, Welch membagikan proses tiga langkah yang bermanfaat untuk diikuti ketika ditanya gaji. Lantas apa sajakah itu, berikut paparannya dilansir dari CNBC Make It.




Lakukan penelitian terlebih dulu

Untuk mendiskusikan persyaratan gaji Anda, Welch mengatakan Anda harus memahami jawaban atas pertanyaan ini bukan tentang apa yang Anda inginkan. Perhatikan tingkat pengalaman Anda atau gaji Anda sebelumnya.

Sebaliknya, dia berkata, Ini tentang apa yang bos Anda ingin bayarkan kepada Anda. Itulah mengapa melakukan penelitian Anda sangat penting. 

"Ada begitu banyak data kompensasi di sini hari ini dan itu semua dapat ditemukan di situs-situs seperti LinkedIn Gaji," kata dia.

Selain itu, Welch mengatakan Anda harus berbicara dengan orang-orang yang memiliki pekerjaan serupa di bidang yang sama. "Pastikan untuk mempertimbangkan lokasi perusahaan, industri, dan kondisi keuangan. 
Pahami kenyataan dari apa yang perusahaan harapkan untuk bayar," ungkap dia.


Cari tahu seberapa besar pengaruh yang Anda miliki
Setelah melakukan penelitian, Welch mengatakan hal berikut  yang harus Anda lakukan adalah cari tahu nilai dan  seberapa besar pengaruh yang Anda miliki. Lihatlah informasi apapun yang tersedia melalui situs tempat Anda mendaftar tentang berapa banyak kandidat yang telah diterapkan pada posisi dan berapa lama posisi telah dibuka. 

Semakin lama pekerjaan dibuka, semakin bersemangat perusahaan untuk mengisi peran, dan semakin besar peluang yang Anda miliki.

Namun, dia memperingatkan, ketika Anda membuat perhitungan ini, jangan lakukan kesalahan dan hati-hati. Pencari kerja adalah penjual.


Berikan kisaran gaji
Hal terakhir yang harus dilakukan ketika mempersiapkan jawaban adalah mengetahui nilai pasar Anda. Welch menyatakan, diskusi soal gaji adalah tahapan yang dilalui oleh setiap orang, karenanya Anda harus terlebih dahulu mengetahui posisi Anda.

Untuk membahas nilai gaji Anda pastikan Anda memapaparkan kasus spesifik bila Anda meminta gaji sedikit tinggi. Welch menyarankan bahwa buatlah sedikit di atas angka terendah yang bisa Anda terima dengan nilainya. 

Temukan besaran gaji untuk Anda dan ketahui seberapa bernilai keahlian Anda dalam pasar tenaga kerja. Berikan jawaban bahwa gaji yang kamu terima disesuaikan dengan kisaran standar perusahaan dan pengalaman.

Misalnya, jika gaji terendah yang bersedia Anda terima adalah US$ 55.000, pertimbangkan untuk membuat angka Anda lebih rendah US$ 58.000. Jika, berdasarkan penelitian Anda, Anda percaya gaji tertinggi perusahaan akan bersedia menawarkan Anda adalah $ 65.000, buatlah angka kedua Anda.

Kisaran yang dilekatkan oleh dua angka ini adalah jawaban yang harus Anda berikan tentang persyaratan gaji Anda. "Jika tawaran gaji Anda ada di suatu tempat di tengah, itu awal yang baik untuk kedua belah pihak," kata dia.

Anda tidak perlu terkejut ketika ditanya tentang persyaratan gaji Anda, itu penting, kata Welch. Anda harus siap untuk memberikan jawaban yang dibuat dengan hati-hati. "Jangan mengatakan apa yang menurut Anda layak, atau apa yang Anda pikir ingin mereka dengar. Sebaliknya, tunjukkan ketekunan dan kematangan Anda, semudah menyebut satu, dua, tiga," kata Welch.  (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading