Ini Cara Jeff Bezos Susun Iklan Lowongan Kerja untuk Amazon

Entrepreneur - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
24 August 2018 14:39
Ini Cara Jeff Bezos Susun Iklan Lowongan Kerja untuk Amazon
Jakarta, CNBC Indonesia- Pekan ini, 24 tahun lalu, untuk pertama kalinya iklan lowongan kerja di Amazon diumumkan secara online.

Tepatnya pada 1994, Jeff Bezos sang pemilik Amazon sendiri yang menyusun persyaratan calon pegawai pertamanya. Saat itu, Jeff hanya seorang entrepreneur yang belum dikenal. Ia meninggalkan pekerjaannya yang bergaji besar di Wall Street untuk membuka perusahaan e-commerce pertama.




Dalam iklan lowongannya, Jeff membuka dengan kalimat "Perusahaan Start-Up dengan kapitalisasi cukup baik". Padahal zaman itu, boro-boro orang paham soal Start-Up dan internet, punya komputer saja belum tentu.

Tapi, setahun sejak iklan lowongan dipasang, Amazon mulai menjual buku secara online. Langkah pertama untuk jadi e-commerce raksasa yang sekarang bisa mempekerjakan lebih dari 566 ribu orang di seluruh dunia.

Iklan lowongan ini diposting di Usenet oleh 1994, papan buletin dan forum diskusi online. Artinya target Jeff sangat jelas, menyasar orang yang sudah familiar dengan internet untuk jadi pekerjanya. Ini dikonfirmasi oleh juru bicara Amazon kepada CNBC Make It, Kamis (23/8/2018).

Lowongan ini ramai kembali dibahas setelah pembawa berita Bloomberg Jon Erlichman memposting iklan ini di twitter, Rabu kemarin. Ia mengingatkan bahwa pimpinan perusahaan harus tahu betapa pentingnya menyusun persyaratan calon pekerja dalam iklan lowongan jika ingin membangun bisnis yang sukses.

Ini Cara Jeff Bezos Susun Iklan Lowongan Kerja untuk Amazon Foto: CNBC.com


Ketika keputusan mempekerjakan seseorang itu penting, maka menentukan pekerja pertama sangat berperan untuk membentuk perusahaan ke depan. Panggilan untuk para kandidat di iklan lowongan Amazon pun juga istimewa, "Untuk membangun perusahaan e-commerce pertama". Lalu dilanjut dengan "Anda harus memiliki pengalaman dalam merancang dan membangun sistem yang besar, kompleks, tapi bisa dimaintain. Dan bisa dilakukannya dalam 1/3 waktu yang bisa dilakukan orang-orang berkompeten."

Dia menambahkan bahwa setiap calon pekerja diharapkan dapat memiliki bakat, motivasi, intensitas dan menarik. Sementara bahasa pengkodean khusus dicantumkan, yang seperti C ++ dan Unix, softskill juga disorot. Dalam postingan itu tertulis keterampilan komunikasi sangat penting.

Iklan tersebut bertuliskan bahwa kandidat harus memiliki gelar B.S., M.S. atau Ph. D dalam ilmu komputer atau bidang yang setara. Namun itu hanya fleksibel pada persyaratan pendidikan pekerjaan saja.

Secara langsung Bezos mengupdate  iklan itu diposkan dari akun nya sendiri. Pada hari-hari awal Amazon, Bezos dikenal untuk meninjau aplikasi secara pribadi dan memberi tahu kandidat.

"Anda dapat bekerja lama, keras, atau cerdas, tetapi di Amazon.com Anda tidak dapat memilih dua dari tiga itu," kata Bezos. (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading