Internasional

Biar Ketularan Kaya, Baca 6 Buku Rekomendasi Jeff Bezos

Entrepreneur - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
30 September 2020 11:12
FILE PHOTO: Jeff Bezos, founder of Amazon and Blue Origin speaks at the John F. Kennedy Library in Boston, Massachusetts, U.S., June 19, 2019.  REUTERS/Katherine Taylor/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Sudah bukan rahasia lagi, membaca buku bisa membuat seseorang sukses atau menjadi kaya di masa depan. Ternyata, hal yang sama juga berlaku pada orang terkaya di dunia Jeff Bezos.



Dari buku bos Amazon itu menemukan perspektif baru, ide baru, dan cara baru untuk meningkatkan bisnis. Lantas apa sajakah buku yang ia baca, berikut paparan buku rekomendasi tersebut:


1.Built to Last dari Jim Collins



Merupakan buku dengan riset klasik yang terkenal mengenai perusahaan visioner, yaitu perusahaan yang unggul di industrinya, disegani kompetitor dan terbukti memiliki dampak positif pada dunia. Dari buku ini, Anda dapat memahami rahasia dari perusahaan-perusahaan visioner tersebut.



2.Creation dari Steve Grand



Ini adalah buku tentang filosofi di balik permainan Creatures sang penulis Steve Grand. Buku ini adalah pemikiran pribadi Grand tentang hakikat kehidupan, materi, dan pikiran. 



Buku ini ini memberi pembaca akses ke wawasan tentang kecerdasan komputer untuk menciptakan sesuatu yang luar biasa. Hirarki seperti itu, menurut Grand, dapat dicerminkan oleh hierarki yang setara yang ada di dalam alam semesta paralel yang disebut dunia maya.



3.Rework dari Jason Fried and David Heinemeier Hansson



Buku bisnis ini memberi Anda nasihat lama yang dasar seperti tulis rencana bisnis, pelajari persaingan, dan cari investor. Dengan bahasanya yang lugas dan pendekatan yang mudah, Rework adalah buku pedoman yang sempurna bagi siapa saja yang pernah bermimpi untuk melakukannya sendiri.

4.The Black Swan dari Nassim Nicholas Taleb



Buku ini berbau filosofis, banyak ditemukan istilah dan lintasan pemikir-pemikir besar dunia. Buku ini juga dimasukkan dalam genre bisnis-ekonomi.

Tapi penulis buku ini telah berusaha sekerasnya untuk tetap membuat buku ini menjadi bacaan ringan. Buku ini berangkat dengan keyakinan pada diri sendiri untuk selalu jangan mudah percaya dengan apa yang ada di sekitar kita.

Kalau perlu jadilah seorang empirisme negatif.



5.The Innovator's Dilemma dari Clayton M. Christensen



Buku ini menyajikan seperangkat aturan untuk memanfaatkan "fenomena inovasi yang mengganggu". Profesor Harvard Clayton M. Christensen menulis buku ini dan berkata bahwa perusahaan yang luar biasa dapat melakukan segalanya dengan benar bahkan saat pemimpinnya hilang.


6.The Goal dari Eliyahu M. Goldratt



Ditulis oleh Eliyahu Goldratt, The Goal sedikit berbeda. Buku ini tidak seperti buku manajemen bisnis mana pun yang membuat kewalahan dengan jargon dan saran.

Buku tersebut disajikan kepada pembaca dalam bentuk fiksi, mengikuti kisah seorang manajer muda bernama Alex Rogo yang mencoba membalikkan kinerja buruk pabrik produksinya di saat pernikahannya akan berantakan. 



Meskipun ditulis pada tahun 1984, ia berhasil mengedepankan masalah kontemporer yang dihadapi oleh manajer saat ini dan menawarkan solusi yang layak untuk hal yang sama. 




[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading