Perhatikan 6 Hal InI Sebelum Minta Naik Gaji

Entrepreneur - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
14 November 2018 11:56
Perhatikan 6 Hal InI Sebelum Minta Naik Gaji
Jakarta, CNBC Indonesia- Jika Anda berharap mendapatkan kenaikan gaji tahun ini, Anda mungkin harus mempertimbangkan beberapa hal.

Sebuah survei terhadap 1.138 orang yang dilakukan oleh perusahaan konsultan finansial AS, SoFi, pada Agustus lalu menemukan bahwa lebih dari setengah peserta menginginkan kenaikan gaji, tetapi hanya 33 persen yang berencana meminta secara eksplisit. 




Libby Leffler, Wakil Direktur di SoFi, mengatakan kepada CNBC Make It bahwa terang-terangan meminta kenaikan gaji atau membahas gaji tidak lazim di perusahaan, sehingga membuat banyak orang ragu-ragu.

Padahal, keraguan ini justru membuat Anda terhambat maju. "Anda tidak mendapatkan apa yang tidak Anda minta. Namun hal terburuk yang bisa dilakukan orang adalah mengatakan tidak," kata Leffler. 

Berikut adalah enam hal yang harus Anda lakukan sebelum Anda membicarakan gaji dengan manajer Anda dilansir CNBC Make It.



Ketahui tujuan dan audiens Anda
Bahkan sebelum Anda bersiap untuk meminta kenaikan gaji, pastikan bahwa Anda memiliki gagasan yang jelas tentang apa yang ingin Anda capai. Harus spesifik, seberapa signifikan kenaikan gaji yang Anda inginkan, apa hasil minimum yang akan membuat percakapan itu layak dan Apa yang penting bagi Anda dalam pekerjaan dan karier Anda?

Penting juga untuk mempertimbangkan sudut pandang orang lain atau rekan Anda  untuk menyesuaikan proposal Anda. Disini Anda ingin menyampaikan kepada manajer Anda bahwa Anda adalah karyawan yang penuh perhatian, bekerja keras dan ingin melakukan pekerjaan dengan baik, bukan hanya sekedar tertarik untuk dapat lebih banyak uang.


Lakukan penelitian
"Tidak cukup untuk masuk ke ruangan itu," kata Leffler. Ada banyak persiapan yang harus dilakukan bahkan sebelum Anda mengatur pertemuan dengan manajer Anda.

Jadilah ahli tentang bagaimana pekerjaan Anda dikompensasi di perusahaan lain di industri dan pasar Anda, serta bagaimana hal itu dikompensasi di industri dan pasar lain. Kaji di mana Anda berada dalam skala, dan temukan di mana Anda ingin berada.

Investasi Fidelity juga menawarkan kalkulator online untuk membantu pengguna menilai pekerjaan mereka, seperti halnya Salary.com, Glassdoor, Indeed.com, dan Linkedin. Selain itu, jangan lupa untuk melihat melampaui dolar dan sen untuk hal-hal lain yang mungkin lebih mudah dinegosiasikan daripada bayaran yang lebih tinggi.



Kumpulkan bukti Anda
Bersiaplah untuk mendiskusikan pekerjaan yang telah Anda lakukan yang menurut Anda perlu peningkatan kompensasi.

"Anda perlu mengajukan alasan kuat mengapa Anda layak mendapat kenaikan gaji. Persiapan adalah bagian penting dari langkah ini dan sering diabaikan," kata Leffler. 

Ini termasuk membawa bukti nyata bahwa Anda telah melakukan pekerjaan hebat dan membawa kesuksesan kepada perusahaan atau tim Anda. Catat prestasi Anda, dan salinan email atau catatan ucapan selamat yang rekan kerja, klien, atau manajer Anda telah kirimkan kepada Anda tentang pekerjaan baik Anda.


Praktikkan Nada Bicara Anda
Pastikan bahwa Anda telah berlatih menyampaikan nada Anda dengan keras, kepada orang lain, sebelum Anda masuk ke kantor manajer Anda, terutama jika Anda gugup.

"Berlatih benar-benar membuat sempurna - itu bukan hal yang sama untuk memikirkannya di kepala Anda dan memainkan perannya dengan seseorang yang Anda percayai," kata Leffler.

Leffler menyarankan untuk membangun dewan direksi mini untuk diri Anda yang penuh dengan orang-orang yang dapat Anda percayai untuk memberi Anda umpan balik yang jujur dan menjadi tim pendukung Anda. Kemudian, tanyakan kepada salah satu penasihat terpercaya Anda untuk duduk dan berlatih bersama Anda.

Dapatkan waktu yang tepat
Waktu terbaik untuk meminta kenaikan gaji bukanlah dua minggu dalam sebuah pekerjaan, kata Leffler. Pastikan Anda sudah memasukkan waktu dan permintaan itu tepat. 

Selain itu, jika perusahaan Anda berada di tengah pemotongan anggaran atau di bawah tekanan keuangan, mungkin bukan saat yang tepat untuk meminta lebih banyak uang (atau Anda setidaknya harus bersiap-siap untuk kemungkinan kuat bahwa permintaan Anda akan ditolak).

Waktu yang tepat untuk menaikkan gaji adalah selama siklus peninjauan kinerja Anda, setelah Anda memberikan kontribusi penting kepada tim Anda atau setelah proyek besar di mana Anda telah mencapai tonggak utama.


Siap Untuk Jawaban "Tidak"
Ingat, ada kemungkinan ketika Anda meminta manajer Anda untuk menaikkan bahwa jawabannya adalah tidak. Untuk itu, kelola harapan Anda sendiri dan dengarkan apa yang dikatakan manajer Anda setelah mereka mengatakan tidak karena alasan mereka bisa menjadi informasi berharga untuk pertumbuhan karir Anda di masa depan.

Jika manajer Anda mengatakan tidak, gunakan sebagai titik lompatan, kata Leffler. Diskusikan harapan manajer Anda untuk Anda dan buat rencana tindakan untuk kenaikan gaji atau promosi di siklus berikutnya.

Ketika saatnya tiba, jangan ragu untuk bertanya lagi, pastikan Anda telah bekerja keras dan dapat membuktikan bahwa Anda layak mendapat kenaikan gaji.

(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading