Ini Deretan Genre Film Paling Diminati Penonton Indonesia

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
04 May 2018 09:08
Penonton Indonesia menyukai film komedi, horor, drama dan drama muslim.
Jakarta, CNBC Indonesia - Pasar film Indonesia sedang berada di atas angin. Ini dibuktikan dari banyaknya film yang diciptakan dan beberapa diantaranya sukses besar dan memperoleh keuntungan fantastis.

Andi Boediman selaku Managing Partner Ideosource Film Fund (IFF) mengatakan bahwa dalam 10 tahun terakhir terdapat 4 genre film paling diminati. Beberapa diantaranya, seperti komedi dan horor.

"10 tahun terakhir top in 15 film yang saya hitung nomor satu itu adalah genre komedi yakni sebesar 55%. Sedangkan di urutan keduanya adalah drama sebanyak 41%," ujar Andi Boediman kepada CNBC Indonesia dalam Forum World Intellectual Property Film Indonesia 2018 di JS Luwansa Hotel, Jakarta, Kamis (3/05/2018).


Dia menuturkan bahwa bahwa 44% lainnya adalah film horor. Sedangkan 20% merupakan drama muslim. Dibawah dari 4 film diatas ternyata genre film biopik, dan sejarah terbukti masih diminati. Sementara, genre drama anak, petualangan musikal, action dan thriller masih kurang diminati karena tak cukup suplai.

Menurutnya, genre action akan kembali diminati bila dikembangkan dengan maksimal setidaknya 2 tahun. Serta diperlukan alokasi secara berkala.

"Sekarang ini problemnya bujet sehingga investasi di genre terbukti perlu dilakukan secara konsisten. Sedangkan untuk genre yang supply-nya masih kurang perlu mendapatkan alokasi secara berkala," kata dia.



(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading