Internasional

Raup Rp 5 T dari IPO Microsoft, Ini yang Bill Gates Lakukan

Entrepreneur - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
01 December 2018 09:54
Raup Rp 5 T dari IPO Microsoft, Ini yang Bill Gates Lakukan
Jakarta, CNBC Indonesia - Ketika Microsoft go public pada bulan Maret 1986, para pendirinya, Bill Gates dan Paul Allen, dua teman dari sekolah menengah atas yang bersahabat karena ketertarikan yang sama akan ilmu komputer, menjadi miliuner.

Meskipun Allen telah meninggalkan perusahaan itu bertahun-tahun karena masalah kesehatan, Gates kemudian naik menjadi CEO dan terkenal sebagai salah satu orang terkaya di Amerika Serikat (AS).



Saham yang dijualnya menghasilkan US$1,6 juta (Rp 23 miliar) untuknya dan 45% saham yang dia dapatkan memperoleh nilai pasar US$350 juta (Rp 5 triliun).


CEO muda itu pun kala itu merayakan kekayaan barunya dengan membuat keputusan yang sangat bijaksana. Ia membayar hipoteknya senilai US$150,000 (Rp 2,1 miliar), katanya kepada Fortune pada 1986, yang dikutip CNBC International.

Pakar keuangan Kevin O'Leary dan Suze Orman berkata itu adalah langkah cerdas yang dibuat Gates. Keduanya mendorong Anda untuk melunasi utang, termasuk hipotek, secepat mungkin.

"Tidak pernah ada insentif untuk tetap berutang. Hidup tidak dapat diprediksi. Apa yang terjadi jika Anda dipecat atau harus mengeluarkan pengeluaran tidak terduga di tempat lain? Kredit Anda yang mudah dikelola tiba-tiba akan tampak tidak dapat diatur," kata O'Leary kepada CNBC Make It.

Ini yang Gates Lakukan saat Raup Rp 5 T dari IPO MicrosoftFoto: Infografis/Crazy Rich Dermawan/Arie Pratama
Dan meskipun Gates menjadi sangat sukses, tidak ada yang menjamin pada saat itu. Untuk membayar hipoteknya pun juga lebih praktis daripada beberapa keputusan Gates sebelumnya.

Pada tahun 1979, ketika ia pertama kali mulai menghasilkan banyak uang dari Microsoft, Gates membeli sebuah mobil mewah yakni Porsche 911 supercar.

"Saya membeli satu barang yang sedikit royal. Itu [mobil] sudah pernah digunakan, tapi itu mobil yang luar biasa," kata Gates.

Kekayaan Gates terus membengkak setelah IPO Microsoft dan ia menjadi miliuner di 1987 pada usia 31 tahun. Pada saat itu, ia adalah orang termuda yang pernah mencapai tonggak sejarah tersebut.

Dan pada tahun 1995, kekayaannya telah tumbuh menjadi US$12,9 miliar, menjadikannya orang terkaya di dunia yang berusia 39 tahun, gelar yang dipegangnya selama bertahun-tahun sesudahnya.

Hari ini, dengan kekayaan bersih sekitar US$95 miliar, Gates adalah orang terkaya kedua di dunia, di belakang pendiri Amazon, Jeff Bezos.



Bersama istrinya, ia sekarang mengelola Bill & Melinda Gates Foundation, organisasi amal yang ia dirikan pada tahun 2000 setelah mengundurkan diri dari Microsoft.

Pasangan itu berjanji untuk memberikan sebagian besar kekayaan mereka selama masa hidup mereka dan melakukannya dengan mengatasi masalah besar, termasuk memerangi Alzheimer, menyediakan sumber daya untuk wanita di negara berkembang, dan mempromosikan inisiatif kesehatan global di seluruh dunia.


(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading