JK Bocorkan Resep Kalla Group Bisa Bertahan 3 Generasi

Entrepreneur - Samuel Pablo, CNBC Indonesia
10 November 2018 18:56
JK Bocorkan Resep Kalla Group Bisa Bertahan 3 Generasi
Makassar, CNBC Indonesia - Wakil Presiden Jusuf Kalla berbagi pengalamannya di masa lalu mengelola perusahaan keluarga yang kini menjadi konsorsium Kalla Group. Bisnis ini sendiri dirintis ayah JK, Hadji Kalla pada tahun 1952.

Menurut JK, tidak mudah bagi suatu perusahaan untuk bisa bertahan dengan baik lintas generasi, apalagi hingga 66 tahun seperti Kalla Group.

Dia mengenang, di era 1950an begitu banyak usaha berkembang di Makassar karena dibukanya izin bagi importir nasional. Namun, hanya satu atau dua yang bertahan sampai saat ini.


"Faktor terpenting dari suatu bisnis itu etika dan tujuannya. Bapak saya selalu mengajarkan, usaha itu pertama harus menyenangkan orang lain, masyarakat, baru menyenangkan kita. Masyarakat harus senang, harus terbantu," kata JK saat berbincang dengan media di Nipah Mall, Sabtu (10/10/2018).

Lebih lanjut, JK mengingat ada beberapa bisnis di masa lalu yang tidak dianjurkan oleh ayahnya, antara lain usaha beras, hotel dan perbankan.

"Dia bilang, kau tidak boleh dagang beras karena baru kau untung kalau orang susah," ujar Wapres.

JK melanjutkan, dalam perjalanannya ada satu-dua larangan ayahnya yang dia langgar dan ternyata memang benar tidak sesuai alias tidak berkah.

"Ayah saya bilang 'kau jangan bikin hotel', eh kita bikin hotel dan ternyata tidak terlalu sukses. Dia juga melarang bikin bank karena bisa cenderung [...] itu kita hindari. Lebih baik memakai bank, bukan mempunyai bank," jelasnya.

Selain memuaskan pelanggan, filosofi lain yang tetap dipegang teguh keluarga Kalla hingga kini adalah suatu usaha harus produktif dan baik bagi masyarakat.

"Contohnya mall ini, harus menyenangkan masyarakat. Kalau tidak menyenangkan masyarakat tidak akan menyenangkan kita juga," kata JK mengacu pada Nipah Mall yang dibangun PT Kalla Inti Karsa, anak usaha Kalla Group.

JK Bocorkan Resep Kalla Group Bisa Bertahan 3 GenerasiFoto: Infografis/Kalla Group/Arie Pratama



(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading