Ini Kota dengan Pelaku Ekonomi Kreatif Terbanyak di RI

Entrepreneur - Arina Yulistara, CNBC Indonesia
30 October 2018 16:06
Ini Kota dengan Pelaku Ekonomi Kreatif Terbanyak di RI
Jakarta, CNBC Indonesia- Banyak milenial yang ingin menjadi pengusaha. Beberapa di antaranya bahkan sudah mampu mendirikan usaha sendiri di bidang ekonomi kreatif.

Para pengusaha kreatif di Indonesia tak hanya berasal dari Jakarta tapi juga daerah lain termasuk Surabaya. Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) bahkan menyebut kalau jumlah usaha ekonomi kreatif di Indonesia terbanyak berasal dari Surabaya.




"Menurut survei ekonomi 2016 dari Badan Pusat Statistik menunjukkan kalau Surabaya mempunyai jumlah usaha ekonomi kreatif dengan jaringan usaha tunggal terbesar di Indonesia mencapai 6,41%," ujar Poppy Savitri selaku Direktur Edukasi Ekonomi Kreatif dari Bekraf di Plaza Kuningan, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (29/10).

Bekraf juga mengungkap kalau hasil pemetaan perusahaan ekonomi kreatif untuk 99 kota di Indonesia menunjukkan bahwa Surabaya menduduki urutan teratas. Surabaya menempati peringkat pertama dari lima besar kota dengan potensi usaha ekonomi kreatif.

Poppy menambahkan, pemerintah Surabaya juga sangat mendukung industri ekonomi kreatif di Surabaya. Setelah melakukan survei untuk menyelenggarakan Bekraf Festival 2018, usaha ekonomi kreatif di kota tersebut selalu bertumbuh.

"Bu Risma mendorong sekali usaha ekonomi kreatif di Surabaya. Coworking-nya di sana sangat tumbuh dengan baik," tambahnya.

Untuk itu, Bekraf menyelenggarakan Bekraf Festival 2018 mulai dari 15 November sampai 17 November mendatang. Surabaya menjadi kota pilihan untuk memberikan apresiasi kepada pelaku ekonomi kreatif di kota tersebut. (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading