3 Pertanyaan Bos Amazon Sebelum Merekrut Karyawan

Entrepreneur - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
03 August 2018 15:43
3 Pertanyaan Bos Amazon Sebelum Merekrut Karyawan
Jakarta, CNBC Indonesia- Amazon bisa dibilang sebagai perusahaan yang paling banyak diminati calon pekerja, dan saat ini tercatat memiliki 500 ribu karyawan.

Untuk memastikan karyawan yang akan bekerja di perusahan yang ia bangun, CEO Amazon Jeff Bezos kerap melontarkan tiga pertanyaan sebagai tes sederhana sebelum memutuskan untuk merekrut calon pegawainya.

Pertanyaan Ini, bagi Bezos, adalah kunci mendapatkan pegawai yang mumpuni untuk menyukseskan bisnis perusahaan.




"Tidak mungkin mendapat hasil terbaik di zaman serba dinamis seperti di internet tanpa kehadiran orang orang luar biasa. Dalam tiga tahun, jumlah pegawai kantor ini menggelembung jadi 2100 orang. Kami punya standar dalam perekrutan dan terus menjadi elemen terpenting kesuksesan Amazon.com," kata Bezos dalam suratnya kepada para pemegang saham, sebagaimana dikutip dari CNBC Internasional, Jumat (3/8/2018).

Lantas seperti apa daftar pertanyaan Jeff Bezos untuk membawa bakat baru ke dalam perusahaannya, berikut bocorannya.


"Bisakah Anda mengagumi orang ini?"
Pertama, Bezos mendorong tim perekrut Amazon untuk tak ragu mengemukakan pendapat pribadi mereka tentang kandidat yang akan direkrut.

"Saya cuma mau bekerja keras dengan orang-orang yang saya kagumi, dan saya dorong hal serupa untuk orang-orang di sini menuntut hal yang sama. Jika dipikirkan, dengan bekerja bersama orang yang Anda kagumi, Anda bisa mengambil contoh atau belajar darinya," kata dia.

Bezos tidak sendirian dalam pemikirannya. CEO Facebook Mark Zuckerberg juga menganjurkan untuk mempekerjakan orang yang Anda hormati. 

"Saya selalu mengatakan bahwa Anda seharusnya hanya mempekerjakan orang untuk berada di tim Anda jika Anda akan bekerja untuk mereka. Ini menjadi alternatif, saya akan merasa terhormat bekerja untuk orang-orang ini," kata Zuckerberg baru-baru ini mengatakan kepada Recode. 


"Apakah orang ini bisa meningkatkan efektivitas kinerja kelompok tempatnya bergabung?
Dengan pertanyaan ini, Bezos bertujuan untuk mendapatkan gambaran dari kapasitas seseorang dalam berinovasi.
Amazon dikenal memiliki lingkungan kerja yang penuh tuntutan dan standar tinggi, yang membuat Bezos resmi jadi orang terkaya di dunia.

Perusahaan ini memiliki 14 prinsip dasar yang salah satunya adalah jajaran pimpinan yang tanpa henti memiliki standar tinggi. "Banyak yang berpikir standar ini terlalu tinggi, pimpinan terus-terusan menaikan batasan dan mendorong timnya untuk menyediakan produk kualitas tinggi, servis, dan proses."

Untuk memastikan bahwa mereka merekrut yang terbaik dan tercerdas, Amazon bahkan menunjuk sekelompok karyawannya sebagai bar raisers. Di atas pekerjaan mereka sehari-hari di berbagai sektor perusahaan, para karyawan ini diberi tugas memberikan perspektif tambahan tentang karyawan baru dan kecocokannya dengan budaya perusahaan dan bakat.


"Dalam dimensi apa orang ini bisa menjadi superstar?"
Menurut Bezos, ini sama pentingnya untuk mempertimbangkan bakat individu si kandidat.

Banyak orang memiliki keterampilan, minat, dan perspektif unik yang memperkaya lingkungan kerja bagi kita semua. Ini sering menjadi sesuatu yang timbul bahkan tidak ada hubungannya dengan pekerjaan mereka. "Saya kira itu tidak membantunya dalam pekerjaan sehari-hari, tetapi itu membuat bekerja di sini lebih menyenangkan," kata dia.

Bagi orang muda yang berharap mendapat pekerjaan di Amazon, Direktur Talenta Operasi Operasional perusahaan, Sean Kelley mengatakan kepada CNBC bahwa keakraban dengan ke 14 prinsip tersebut adalah  kunci untuk mereka dipekerjakan.

"Prinsip-prinsip kepemimpinan adalah pedoman, Ini sangat mudah ... Yang harus Anda lakukan hanyalah menceritakan kisah yang selaras dengan prinsip-prinsip itu dan membantu kami membantu Anda," kata Kelley. (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading