Simak Kunci Sukses Bisnis Ini dari Orang Terkaya di Dunia

Entrepreneur - Arina Yulistara, CNBC Indonesia
08 May 2018 12:05
Simak Kunci Sukses Bisnis Ini dari Orang Terkaya di Dunia
Jakarta, CNBC Indonesia- Jeff Bezos merupakan orang terkaya nomor satu di dunia dengan jumlah kekayaan lebih dari US$ 120 miliar tahun ini. Bos Amazon itu memberitahukan satu hal penting yang membuat bisnisnya bertahan dan berkembang sampai sekarang.

Satu hal yang dimaksud bagaimana ia bisa mendengarkan dan membantu keluhan pelanggan. Bahkan Bezos mempunyai alamat email sendiri (Jeff@amazon.com) untuk melihat keluhan para pelenggan. Menurutnya, mendengar kritik dan kekesalan pelanggan bisa membantunya meningkatkan pelayanan serta membuat klien semakin royal.




"Saya masih memiliki sebuah alamat email yang akan menampung keluhan customer. Saya selalu melihat sebagian besar email tersebut dan membalas beberapa di antaranya yang membuat saya penasaran," ujar Bezos seperti dilansir dari CNBC internasional.

Bezos mengatakan bahwa Amazon mengukur banyak aspek bisnisnya dari data yang penting termasuk keluhan pelanggan. Ketika ia melihat ada keluhan yang tidak ditanggapi tim eksekutif Amazon maka Bezos akan menegur mereka. Cukup dengan satu karakter seperti '?'.

"Tanda tanya itu seperti singkatan untuk pertanyaan 'Bisakah Anda melihat ini?', 'Mengapa ini terjadi?', 'Apa yang terjadi sebenarnya?'," kata Bezos.

Ayah empat anak itu memang dikenal sebagai salah satu orang yang sangat terobsesi dengan pelanggannya. Bezos melihat kalau harapan pelanggan yang dikirimkan ke Amazon membantu meningkatkan perusahaannya dan berinovasi lebih cepat.

"Ekspektasi pelanggan tidak pernah statis, dan tak selalu puas. Itu sifat manusia. Mereka membantu kami untuk terus tumbuh dan kamu tidak bisa berpuas diri di dunia ini karena pelanggan tidak memilikinya," tambah pria yang pernah bekerja di McDonald's saat masih remaja itu. (gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading