Yuk, Cocokkan Jumlah Tabungan Ideal Berdasar Usia Anda

Entrepreneur - Arina Yulistara, CNBC Indonesia
23 April 2018 17:23
Hampir 70% orang dewasa memiliki tabungan kurang dari US$ 1,000 atau sekitar Rp 13,5 juta. Bahkan setengah dari pensiunan memiliki saldo nol di tabungan mereka.
Jakarta, CNBC Indonesia- Berdasarkan studi di Amerika, hampir 70% orang dewasa memiliki tabungan kurang dari US$ 1,000 atau sekitar Rp 13,5 juta. Bahkan setengah dari pensiunan Amerika memiliki saldo nol di tabungan mereka.

Ini menandakan banyak orang masih kesulitan menabung dari satu generasi ke generasi berikutnya. Menurut perencana keuangan Kimmie Greene orang yang punya banyak uang juga akan menghabiskan lebih banyak, bukan menyimpannya.




"Banyak generasi muda berpikir 'Saya akan menabung lebih banyak ketika menghasilkan banyak uang'. Walau Anda menghasilkan US$ 50 ribu atau US$ 20 ribu setahun, kita semua punya tantangan dalam menabung. Karena yang sering terjadi adalah ketika orang menghasilkan uang banyak, mereka akhirnya menghabiskan lebih banyak lagi," papar Kimmie seperti dilansir dari CNBC internasional.

Kimmie pun mengatakan semakin cepat Anda sadar untuk menabung maka masa depan bisa semakin baik. Berapa usia Anda sekarang? Kimmie memberikan rumus sederhana yang dapat membantu Anda memiliki jumlah tabungan ideal untuk masa tua. Rumus yang dimaksud diikuti dari usia sekarang.



Usia 20-an: Menabunglah sejak usia 20 tahun jika ingin hidup nyaman di hari tua. Kimmie menyarankan untuk menabung minimal 25% dari keseluruhan pendapatan kotor yang dimiliki setiap bulan.

"Pastikan pengeluaran gaya hidup tidak melebihi 75% dari penghasilan kotor Anda," ujar Kimmie.

Usia 30 tahun: Jumlah tabungan yang disarankan ketika berusia 30 tahun setara dengan penghasilan tahunan Anda. Jumlah tersebut tidak harus dalam bentuk uang tunai bisa termasuk investasi dengan model lainnya.

Usia 35 tahun: Jumlah tabungan yang disarankan dua kali gaji tahunan Anda.

Usia 40 tahun: Jumlah tabungan yang disarankan tiga kali gaji tahunan Anda.

Usia 45 tahun: Jumlah tabungan yang disarankan empat kali gaji tahunan Anda.

Usia 50 tahun: Jumlah tabungan yang disarankan lima kali gaji tahunan Anda.

Usia 55 tahun: Jumlah tabungan yang disarankan enam kali gaji tahunan Anda.

Usia 60 tahun: Jumlah tabungan yang disarankan tujuh kali gaji tahunan Anda.

Usia 65 tahun: Jumlah tabungan yang disarankan delapan kali gaji tahunan Anda.

"Meski terdengar menakutkan hari ini karena jumlahnya sangat banyak untuk pensiun tapi jika mulai menabung sejak usia 20 tahun maka itu tidak sesulit kedengarannya," kata Kimmie lagi.

Kimmie juga mengatakan hidup tidak selalu berjalan mulus. Anda mungkin harus menabung lebih banyak atau sedikit di tahun-tahun tertentu tergantung kebutuhan seperti saat memiliki anak maupun membeli rumah. Semua bisa berjalan lancar jika Anda memiliki komitmen menabung.


(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading