Jokowi Suka Motor Custom, Bisnis Modifikasi Motor Laris Manis

Entrepreneur - Arina Yulistara, CNBC Indonesia
23 April 2018 11:38
Tahun 2018 modifikasi motor dengan genre streetfighter lebih digemari.
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membeli motor custom bergaya chopper warna emas. Jokowi diketahui memang suka motor custom. Beberapa kali ia menjajal motor custom termasuk milik putranya, Gibran Rakabuming Raka.

Kegemaran Jokowi terhadap motor custom rupanya berpengaruh terhadap perkembangan bisnis modifikasi motor. Pemilik bengkel Greyhead Customland, Hezi Satria, mengatakan permintaan modifikasi motor kian meningkat terutama setelah orang nomor satu di Indonesia itu membeli motor custom.

"Berpengaruh banget, minimal kekhawatiran orang untuk riding pakai motor custom di jalan jadi hilang. Asal surat-surat lengkap dan kelengkapan berkendara komplit, orang sudah nggak takut lagi sama polisi. Presidennya saja nggak apa-apa kan he-he-he," jelas Hezi diiringi gelak tawa saat dihubungi CNBC Indonesia.


Pria yang sudah menggeluti bengkel modifikasi motor sejak 2010 itu menambahkan, sebenarnya permintaan motor custom setiap tahun selalu mengalami peningkatan. Namun peningkatan drastis dirasakan Hezi setelah Jokowi berkendara menggunakan motor custom.

Hezi mengatakan kalau saat ini ia 'kebanjiran' permintaan modifikasi motor. Dalam satu bulan, klien yang datang bisa lebih dari sepuluh hingga masuk daftar tunggu. Karena kewalahan, Hezi pun membatasi proyek modifikasi motor hanya tiga sampai empat demi menjaga kualitas dan kepercayaan klien.

"Sekarang kita batasi dalam sebulan itu cuma bisa terima tiga sampai motor project. Sudah ada beberapa yang waiting list juga daripada nggak kepegang terkadang kita tolak saja," kata Hezi.

Permintaan modifikasi motor di 2018 lebih banyak yang meminta klasik, diakui Hezi, juga karena pengaruh Jokowi. Sebelumnya, modifikasi motor dengan genre streetfighter lebih digemari.

"Sekarang ini trennya motor klasik lagi booming ya kita rambah juga ke sana. Tren modifikasi klasik sih sebenarnya sudah terasa empat atau lima tahun belakangan cuma di 2017/2018 jelas banget peningkatannya apalagi presiden kita sudah support (dukung) banget sekarang," pungkasnya. (roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading