Chef Pastry: Bisnis Kue Artis Sudah di Ujung Tanduk

Entrepreneur - Arina Yulistara, CNBC Indonesia
09 April 2018 18:38
Koki Rahmat Kusnedi mengatakan bisnis kue artis tak akan bertahan lama. Ia menilai kalau tahun ini bisnis kue selebriti Indonesia sudah berada di ujung tanduk.
Jakarta, CNBC Indonesia- Sejumlah selebriti Indonesia mencoba bisnis kuliner berupa kue kekinian. Kue para artis Tanah Air sering menjadi viral dan banyak yang tertarik membelinya sebagai salah satu buah tangan dari berbagai kota Indonesia.

Meski terkesan selalu laris manis, koki ternama Rahmat Kusnedi mengatakan bahwa bisnis kue artis tak akan bertahan lama. Bahkan ia menilai kalau tahun ini bisnis kue selebriti Indonesia sudah berada di ujung tanduk.




"Kue artis itu sekarang sudah di penghujung masa. Yang awalnya grow 100% mungkin sekarang tinggal 30% atau 40%. Banyak yang bilang kue artis biasa saja rasanya ini karena si artis jualan bukan dari pondasi dulu kayak rasa, ide, tapi langsung ke image," ujar Rahmat saat berbincang dengan CNBC Indonesia di The 101 Hotel, Dharmawangsa, Senin (9/4/2018).

Menurut pastry chef sekaligus President of Indonesia Pastry Alliance itu, banyak selebriti yang tertarik terjun ke bisnis kuliner karena pengaruh media sosial. Mereka mencobo karena memiliki banyak pengikut dan fans di jejaring sosial sehingga para selebriti ini mudah memasarkan produk mereka.

Belum lagi melihat profesi artis yang tak melulu naik daun. Ketika satu artis booming dengan bisnis kuenya maka ada ketertarikan selebriti lain ingin mencoba peluang yang sama demi mempertahankan eksistensi mereka.

"Ketika si artis ini mulai lesu lalu dia melihat artis lain jualan kue nih laku, akhirnya mereka pengen coba. Mereka tergiur dengan modal sekian bisa jadi berkali lipat dalam satu tahun. Tapi mereka hanya mengandalkan media sosial nggak diimbangi dengan pondasi yang kuat, jadi orang beli sekali doang karena penasaran terus belum tentu mau beli lagi," tambahnya.

Rahmat pun mengimbau kepada para selebriti Indonesia yang ingin sustainable jualan kue perlu menggandeng partner yang kuat. Tak hanya mengandalkan segi promosi tapi juga harus mementingkan rasa serta ide pengembangan produk yang bagus.

Meski demikian, Rahmat mengatakan bahwa kue artis membantu menumbuhkan industri pastry dan bakery di Indonesia. Mereka mampu memperkenalkan ragam jenis kuliner yang bisa meningkatkan peluang para pelaku usaha kecil di berbagai daerah.
(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading