Ini Kelemahan Bisnis Kue Para Artis yang Cenderung Musiman

Entrepreneur - Arina Yulistara, CNBC Indonesia
10 April 2018 10:35
Bisnis kue para artis disebut bisnis kue musiman oleh pakar pastry, kelemahannya karena menekankan promosi tapi kurang inovasi
Jakarta, CNBC Indonesia- Teuku Wisnu, Irwansyah, Laudya Cynthia Bella, Ayu Ting Ting, Nagita Slavina, hingga Jessica Iskandar merupakan selebriti yang memiliki bisnis kue kekinian. Melihat semakin banyak selebriti yang mencoba bisnis di bidang pastry dan bakery, koki ternama Rahmat Kusnedi mengatakan kalau usaha kue para artis Indonesia tidak bertahan lama atau hanya musiman.

Rahmat menuturkan bahwa hal tersebut terjadi karena para selebriti lebih mengutamakan sisi promosi. Terdapat beberapa kelemahan yang membuat bisnis kue artis menjadi musiman dan bisa 'tenggelam' kapan saja. Kelemahan apa saja yang dimaksud?




Pria yang pernah menjadi GM R&D and Production dari Bread Life itu menjelaskan, salah satu kelemahan selebriti yang bisnis kue kekinian adalah kurangnya inovasi. Padahal inovasi penting dalam berbisnis tidak hanya terus berpromosi.

"Inovasinya nggak ada jadi bikin boring. Pengusaha itu harus banyak inovasi kalau hari ini brownies kukus, lama-lama kukus cokelat, cokelat-keju, tambah kacang, nanti mungkin dibuat kayak martabak, jadi selalu ada inovasi. Kalau kue artis ini cenderung monoton, begitu saja, dan dia percaya diri saja jual seperti itu karena sudah terkenal," papar Rahmat kepada CNBC Indonesia di 101 Hotel, Dharmawangsa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (9/4/2018).

Selain itu, sejumlah selebriti tidak mengerti secara detail mengenai produk makanan mereka sendiri. Mereka lebih fokus terhadap promosi melalui media sosial dan tidak memiliki strategi lain untuk menjaring pasar yang lebih luas.

Menurut Rahmat, jualan makanan tidak seperti fashion yang hanya bisa dilihat dari foto tapi juga perlu dirasakan. Meski eranya sudah digital tetap perlu melakukan promosi secara konvensional agar cepat sampai di konsumen.

"Artisnya ini cenderung nggak mengerti karena bukan orang F&B, bukan chef, dan nggak tahu partner-nya seperti apa yang create kue itu. Strategi pemasarannya juga seharusnya ngga selalu digital mengandalkan followers mereka karena jualan makanan itu produk yang harus dicoba. Banyak orang yang beli kue si artis karena senang lagi tren tapi akhirnya beli cuma sekali dan berakhir musiman saja," jelas Rahmat lagi.

Rahmat turut menilai kalau saat ini bisnis kue artis sudah sampai di ujung masa, tidak lagi booming seperti dulu. Jika hal tersebut didiamkan maka bisnis mereka akan tenggelam dengan sendirinya.
(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading