3 Trik Kerja Lebih Produktif Seusai Liburan

Entrepreneur - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
08 April 2018 16:30
3 Trik Kerja Lebih Produktif Seusai Liburan
Jakarta, CNBC Indonesia - Seusai berlibur panjang biasanya kita membersihkan rumah atau barang-barang agar tetap bersih dan rapi.

Selain membersihkan rumah, Profesor Stanford Emma Seppala mengatakan membersihkan pikiran dari hal-hal terkait kehidupan pekerjaan juga tak kalah penting. Hal ini untuk menghindari kekacauan pada diri Anda.


"Mengingat bahwa kita menerima setidaknya 64 GB informasi setiap hari, menurut penelitian dari UC San Diego, mungkin ada banyak kekacauan dalam pikiran kita," tulis Seppala yang dikutip CNBC Make It.


Penulis The Happiness Track ini menuturkan bahwa para pekerja terbilang multitasking karena mereka banyak melakukan kegiatan di waktu bersamaan selama sekitar 12 jam sehari, seperti bermain ponsel, memeriksa email, mengecek media sosial dan video streaming. Segala informasi yang mereka terima berpotensi membuat pikiran mereka menjadi berantakan dan tidak relevan.

"Semakin banyak informasi yang kita isi ke dalam pikiran kita, semakin miskin kemampuan kita untuk mengingat hal-hal. Otak secara harfiah bertindak seolah-olah itu berantakan dan kita jadi kurang bisa mengabaikan informasi yang tidak relevan," kata dia.

Berikut beberapa tips yang membantu Anda menjadi lebih produktif dan sukses di tempat kerja dilansir dari CNBC International.


Ambil napas lebih dalam

Jika Anda pernah menemukan diri Anda terus-menerus memeriksa kotak masuk pada surat elektronik atau email, pastikan hentikan kebiasaan itu dan gantilah dengan latihan pernapasan.

"Salah satu cara termudah dan tercepat untuk menurunkan detak jantung dan tekanan darah Anda adalah untuk memperlambat pernapasan Anda. Dalam hitungan menit, Anda bisa menenangkan diri," kata Seppala.

Latihan ini tidak hanya mudah dilakukan di meja Anda, tetapi juga membuat Anda tenang dan fokus. Penelitian menyarankan ambilah napas dalam dan lambat guna mengurangi kecemasan dan stres.


Bersenang-senang

Biasanya banyak orang dewasa merasa tidak punya waktu untuk menjadi kreatif dan terlibat dalam kegiatan yang menyenangkan. Namun, sebuah penelitian menunjukkan bahwa menghibur diri dengan sikap kekanakan sebenarnya bisa menstimulasi emosi positif, yang mana penelitian menunjukkan mengarah pada wawasan yang lebih besar dan pemecahan masalah yang lebih baik.

Untuk pekerja, Anda bisa mengadakan pertemuan tim di luar ruangan, pergi ke acara komedi dengan rekan kerja atau melakukan hal lain yang menyenangkan.

"Ketika kita merasa baik, kita akan mendapatkan kemampuan untuk memperhatikan berbagai pengalaman yang lebih luas. Dengan kata lain, jika Anda merasa terjebak dalam kebiasaan atau Anda tidak bisa memikirkan diri sendiri atau tidak melihat jalan keluar dari situasi, bermain mungkin menjadi cara untuk melepaskan dan melahirkan inovasi atau ide ide menarik," kata dia.


Tambahkan beberapa tanaman di kantor Anda

"Anda bisa menambahkan beberapa tanaman ke dalam kantor Anda. Penelitian menunjukkan hal itu akan meningkatkan kesehatan mental Anda secara signifikan," tulis Seppala.

Memiliki tanaman hijau di meja Anda atau di sekitar kantor Anda memiliki kemampuan untuk membersihkan udara secara harfiah. Salah satu studi NASA menemukan tanaman menghilangkan racun dalam ruangan di udara.


Menurut sebuah studi dari University of Exeter, memiliki tanaman di kantor juga dapat meningkatkan konsentrasi, kepuasan tempat kerja, dan kualitas hidup secara keseluruhan.

Studi lebih lanjut menemukan bahwa tanaman membuat pekerja lebih semangat secara fisik, kognitif, dan secara emosional terlibat dalam pekerjaan mereka.

"Demikian juga, putuskan untuk berjalan-jalan di luar saat istirahat tanpa membawa ponsel Anda. Tindakan kecil ini dapat meningkatkan kebahagiaan Anda secara signifikan," katanya. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading