Waspada, 5 Kesalahan Sepele Ini Bisa Rusak Karir

Entrepreneur - Lynda Hasibuan & Arina Yulistara, CNBC Indonesia
03 April 2018 14:55
Waspada, 5 Kesalahan Sepele Ini Bisa Rusak Karir
Jakarta, CNBC Indonesia- Banyak wanita maupun pria yang memiliki motivasi besar dalam berkarier. Namun sebagian dari mereka terlalu fokus sehingga tak mementingkan orang-orang sekitar. Padahal salah satu kegagalan dalam karier karena mengabaikan rekan kerja.

Ada pula kesalahan sepele lainnya yang berisiko menghancurkan kariermu. Berikut lima kesalahan yang perlu dihindari jika tidak ingin gagal di dunia kerja.




1.Abai Terhadap Rekan Kerja
Tak sedikit orang menanggap bahwa progres karier mereka didorong oleh IQ dan kualifikasi akademis masing-masing. Ini jauh dari benar karena untuk meningkatkan karier juga perlu beradaptasi dengan orang sekitar termasuk rekan kerja.

"Satu hal yang paling penting dalam berkarier memiliki hubungan baik dengan rekan kerja. Faktanya, ini adalah faktor terpenting dalam dunia kerja. Jika kamu tak punya kemampuan menjalin hubungan baik dengan rekan kerja, siap-siap cari kerja baru," kata juru bicara dari Law Settlement Funding seperti dikutip dari CNBC.

2. Tidak Cukup Tidur
Banyak orang tak mementingkan hal ini karena sangat fokus bekerja. Mereka rela menghabiskan waktu malam hari untuk menuntaskan pekerjaan demi meningkatkan karier. Pada kenyataannya, kurang tidur tak hanya berdampak buruk untuk psikologis dan tubuh Anda tapi juga mempengaruhi karier.

Penelitian mengungkapkan bahwa kurang tidur akan membuat performa kerja menurun. Sementara pekerja yang tidur minimal enam jam setiap hari bisa meningkatkan kemampuan kognitif saat bekerja. Jadi, pastikan Anda selalu mendapat waktu tidur yang cukup setiap malam.

3. Berusaha Multitasking
Tak sedikit orang berusaha menunjukkan kalau dirinya bisa melakukan banyak hal di dunia kerja. Mereka ingin memamerkan kemampuan multitasking dengan harapan bisa meningkatkan karier.

Faktanya, melakukan banyak pekerjaan membuat Anda tidak fokus pada potensi terkuat dalam diri. Menurut anaslis dari 400 daftar miliuner versi Forbes, mereka yang sukses hanya fokus pada satu hal dan berusaha mengembangkan diri di dalamnya.

4. Membatasi Diri
Ini kesalahan yang juga akan membuat Anda gagal dalam berkarier. Kunci sukses bekerja dalam suatu industri adalah networking. Jika Anda terlalu membatasi diri untuk memilah-milah partner kerja maka peluang meraih kesuksesan juga semakin terbatas. Tak ada salahnya menjalin hubungan luas dengan berbagai orang, hanya saja Anda perlu mengendalikan diri dan pintar bersikap.

5. Tak Berhati-hati di Lingkungan Sosial
Jangan terlalu mengumbar soal kerjaan ketika sedang bersosialisasi dengan teman-teman. Perlu kehati-hatian membicarakan pekerjaan di lingkungan sosial Anda. Ingat, jika ada hal buruk yang Anda ceritakan ke teman lalu tersebar melalui media sosial dan sampai ke telinga rekan kerja maka bisa berpengaruh besar terhadap kelanjutan karier.

Anda juga perlu berhati-hati saat menggunakan media sosial. Jangan pernah berbicara soal gaji, bonus, hingga rencana masa depan perusahaan di media sosial. Tidak pula menjelek-jelekkan tempat Anda kerja di media sosial yang bisa memberikan dampak negatif ke depannya.

(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading