Tips Sukses Warren Buffet, Baca 500 Halaman Setiap Hari!

Entrepreneur - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
28 March 2018 16:33
Todd Combs mendapat nasihat bagus saat pertama bertemu bosnya, Warren Buffett, pada tahun 2000 saat dia mengambil gelar MBA di Columbia Business School.
Jakarta, CNBC Indonesia- Todd Combs, seorang pakar investasi di Berkshire Hathaway, mendapat nasihat bagus saat pertama kali dia bertemu bosnya, Warren Buffett, pada tahun 2000 saat dia mengambil gelar MBA di Columbia Business School. Kala itu, Warren Buffet berbicara kepada Combs dan 165 siswa lain selama kelas investasi.

Menanggapi pertanyaan tentang bagaimana mempersiapkan karier investasi, Buffett mengatakan kepada para siswa untuk membaca 500 halaman setiap hari. Buffet yang merupakan orang terkaya ketiga di dunia tahun 2015 versi Forbes ini mengibaratkan membaca sebagai menanam bunga yang masih kuncup.




"Begitulah cara kerja ilmu. Membaca itu membangun, seperti keuntungan yang berlipat ganda. Kalian semua bisa melakukannya, tapi aku jamin tidak banyak dari kalian yang akan melakukannya," kata Buffet seperti yang dilansir CNBC. 

Combs yang kini berusia 47 tahun terus mengingat nasihat bos nya tersebut untuk perkembangan karirnya. Ketika dia memulai karir investasinya, dia mulai membaca lebih banyak lagi, kadang-kadang membaca hingga 1.000 halaman sehari.

"Pendekatan Combs adalah perlombaan melawan waktu untuk mengkonsumsi informasi, mengatakan satu orang akrab dengan strateginya selama periode itu. Jika dia tidak sedang rapat dengan analisnya atau beristirahat untuk latihan, dia pasti sedang membaca. Membaca dengan lahap tampaknya membantunya maju," menurut laporan Bloomberg. 

Combs memulai karir sebagai analis layanan keuangan setelah lulus dari Columbia. Dia bergabung dengan Berkshire Hathaway pada awal 2011 sebagai manajer investasi dan dia sudah mengantre untuk mengelola petak besar investasi Berkshire, begitu Waffet keluar.

Beberapa pemegang saham bahkan berspekulasi bahwa suatu hari nanti Combs bisa menjadi CEO. Manajer investasi, yang baru-baru ini juga bergabung dengan Buffett, Jeff Bezos dan Jamie Dimon untuk mengubah sistem kesehatan Amerika, juga masih menemukan waktu untuk membaca. 

"Saya membaca sekitar 12 jam sehari. Kantor kami seperti perpustakaan. Jadi saya membaca laporan tahunan, transkrip panggilan konferensi, majalah perdagangan, dll," katanya kepada majalah alumni Florida State tahun lalu. 

Pada titik ini, dia mencatat lebih banyak waktu membaca daripada bosnya, yang menghabiskan lima atau enam jam sehari untuk membaca buku dan surat kabar.

"Aku membaca dan berpikir. Jadi saya lebih banyak membaca dan berpikir, dan membuat lebih sedikit keputusan impuls daripada kebanyakan orang dalam bisnis. Saya melakukannya karena saya suka kehidupan seperti ini," kata Buffett. 

Saat ini, Buffett adalah komisaris, direktur utama, dan sekaligus pemegang saham terbesar di Berkshire Hathaway.
(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading