Milenial, Ini Tips Warren Buffet untuk Cepat Sukses!

Entrepreneur - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
06 December 2018 17:46
Milenial, Ini Tips Warren Buffet untuk Cepat Sukses!
Jakarta, CNBC Indonesia- Investor legendaris dan miliarder Warren Buffett memiliki tips khusus untuk kaum milenial. Menurutnya milenial yang ingin sukses haruslah bisa fokus untuk belajar bagaimana menulis dan berbicara dengan jelas.

Bagi Anda yang ingin meningkatkan kualitas diri setidaknya asahlah kemampuan komunikasi. Entah itu bisa dilakukan dengan komunikasi verbal maupun non verbal.




"Satu-satunya cara mudah untuk menjadi orang yang bernilai 50 persen atau lebih dari Anda sekarang setidaknya adalah untuk mengasah kemampuan komunikasi Anda baik tertulis maupun lisan," kata Buffett dalam video yang diposting di LinkedIn pada hari Senin lalu.

Video tersebut diposting oleh Michael Hood, pendiri Facebook Voiceflow berbasis di Toronto, yang memungkinkan pengguna untuk merancang, membangun, dan meluncurkan keterampilan untuk pembicara cerdas Amazon, Alexa, tanpa perlu tahu cara membuat kode.

Menurut Buffet, jika Anda tidak dapat berkomunikasi, itu seperti mengedipkan mata pada seorang wanita dalam kegelapan dan tidak ada gunanya. Anda dapat memiliki semua kekuatan otak di dunia, tetapi Anda pun harus dapat menuangkannya.

Dan transmisi terbesar Buffet adalah karena komunikasi. Sehingga tidaklah heran bahwa  kekayaan dia  menurut Forbes saat ini bernilai lebih dari US$ 86 miliar atau setara dengan Rp 1,2 kuadriliun.

Wirausahawan miliarder, Richard Branson, setuju bahwa kemampuan berkomunikasi secara efektif sangat penting untuk kesuksesan.

"Hari ini, jika Anda ingin sukses sebagai pengusaha, Anda juga harus menjadi pendongeng. Tentu saja, tidak ada gunanya menjadi pendongeng yang baik jika produk atau ide Anda adalah sampah. Tetapi itu tidak cukup untuk menciptakan produk hebat saja, Anda juga harus mencari cara untuk memberi tahu orang-orang tentang hal itu," kata pebisnis Inggris itu.

Salah satu anak muda bernama Hood pun berkesempatan bertanya pada Buffet terkait tips apa yang diberikan Buffet untuk milenial agar mudah dipahami. Sontak Buffet pun menjawab dia akan memberikan saran yang pernah dia lakukan dan pelajari secara langsung.

"Saya takut berbicara di depan publik ketika saya masih di sekolah menengah dan perguruan tinggi. Aku tidak bisa melakukannya. Maksudku, aku akan muntah dan segalanya," kata Buffett dalam video BBC, yang diterbitkan pada tahun 2009

Ketika muda, Buffett mengambil kursus berbicara di depan umum di Dale Carnegie, pelatihan di tempat kerja dan organisasi pengembangan keterampilan profesional yang didirikan oleh penulis Dale Carnegie.

"Saya benar-benar memiliki ijazah di kantor. Dan saya tidak memiliki ijazah saya dari perguruan tinggi, saya tidak memiliki ijazah saya dari sekolah pascasarjana, tetapi saya mendapatkan diploma Dale Carnegie saya di sana karena itu mengubah hidup saya," kata Buffett. (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading