Kenalan dengan Co-founder Startup Ternama di Belakang Layar

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
18 May 2022 19:38
Vice Chairman Tokopedia, Leontinus A. Edison

Jakarta, CNBC Indonesia - Anda tentu tidak asing dengan sosok Steve Jobs sebagai orang yang ada di balik kesuksesan Apple. Lalu, apa Anda mengenal sosok lain selain Steve Jobs? Selain Steve Jobs, ternyata ada sosok lain yang cukup berpengaruh dalam berdirinya Apple. Ia adalah Steve Wozniak.

Steve Wozniak merupakan Co-founder Apple bersama dengan Steve Jobs. Dulunya, ia bekerja pada perusahaan Hewlett-Packard. Bersama Steve Jobs, ia mengembangkan komputer personal untuk pertama kalinya. Ia dianggap sebagai pelopor dari masuknya komputer ke dalam kehidupan rumah pribadi.

Namun, Wozniak mengalami kecelakaan pada 1981, ketika pesawat pribadi yang dipilotinya jatuh saat lepaslandas. Pemulihannya berlangsung selama dua tahun dan ia menderita berbagai cedera dan amnesia.


Kecelakaan tersebut membuat Woz absen beberapa lama dari Apple. Baru tahun 1983 dia kembali sebagai engineer. Ia tak ingin posisi lebih tinggi karena hal-hal berbau teknis adalah kegemarannya.

Woz memang tidak begitu menyukai posisi di manajemen, Akhirnya karena merasa tak dibutuhkan lagi di Apple, Woz keluar tahun 1985 dan menjual sebagian besar sahamnya. Ia juga menganggap Apple menuju ke arah yang salah.

Wozniak menjadi satu dari sekian banyak co-founder yang namanya kalah pamor  di telinga masyarakat. Tak hanya Wozniak, ada beberapa co-founder startup yang ada di balik nama-nama besar rekannya.

Dirangkum CNBC Indonesia, Rabu (18/5/2022), dari berbagai sumber:

1. Leontinus Alpha Edison (Co-founder Tokopedia)

Leo berada di Tokopedia sejak Januari 2009 hingga saat ini. Hal tersebut terlihat di LinkedIn miliknya. Saat ini, ia menjabat sebagai Co-founder dan Director di TokopediaLulusan Universitas Atma Jaya Yogyakarta itu sebelumnya berkarier sebagai Website Developer di beberapa perusahaan. Tercatat ia pernah bekerja di PT. Indocom Mediatama, PT. Sqiva System dan PT. Signet Pratama.

Traveloka, Grab, dan Gojek
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Baca Juga
Features
    spinner loading