Tajir Melintir! Ini Orang Pertama yang Upload Video ke Youtub

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
07 July 2022 08:20
FILE - This March 20, 2018 file photo shows the YouTube app on an iPad in Baltimore. YouTube says it will turn off comments on most videos that feature kids. The change comes after advertisers began boycotting the site last week in response to inappropriate comments made on videos of minors. (AP Photo/Patrick Semansky, File)

Jakarta, CNBC Indonesia - Ada banyak video yang diunggah setiap harinya di YouTube. Namun pernahkah terpikir siapa orang pertama yang mengunggah video ke YouTube?

Adalah Jawed Karim, salah satu pendiri Youtube menjadi orang pertama yang mengunggah video di platform berlogo merah itu. Dia diketahui menghasilkan uang setelah platformnya diakuisisi Google satu tahun setelah didirikan.

Google mengakuisisi Youtube senilai US$1,65 miliar pada Oktober 2006 lalu. Dari sana dia mendapatkan saham senilai US$64 juta.


The Independent, tahun 2020 lalu mencatat kekayaan bersih Karim senilai US$140 juta atau sekitar Rp 2,1 triliun. Sebagai informasi, video yang diunggah itu berjudul Me at the Zoo berdurasi 18 detik dan sudah ditonton 90 juta kali, demikian dikutip Kamis (7/7/2022).

Youtube didirikan pada tahun 2005. Dua bulan setelah dibuat atau satu bulan sebelum peluncuran beta publik, video itu diunggah.

Video sederhana itu hanya menggambarkan Karim yang berusia 26 tahun memperlihatkan keadaan di kebun binatang. Video itu model ideal yang bisa diharapkan Youtube, untuk berbagi momen kehidupan mereka sendiri.

"Baiklah jadi di sini kita berada di depan gajah. Hal keren soal ini adalah memiliki belalai panjang dan itu keren. Dan hanya itu yang bisa dikatakan," kata Karim.

Video tersebut menandai awal dari format yang memudahkan orang untuk mencari informasi dengan cepat.

"Ini memainkan peran penting mengubah secara mendasar cara orang mengonsumsi media dan membantu mengantarkan era keemasan video berdurasi 60 detik," tulis Los Angeles Times.

Lima bulan kemudian, Youtube juga mencapai tonggak sejarah lain. Saat itu, iklan Nike viral dan ditonton 1 juta tampilan.

The New York Times juga menuliskan Karim tidak pernah mengambil gaji, tunjangan, atau bahkan gelar formal.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Wajar Bila YouTube Mulai Cemas Lihat TikTok, Ini Buktinya!


(dem)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading