Negara Ini Segera Rilis Senjata Rahasia Matikan Bitcoin Cs

Tech - NBP, CNBC Indonesia
08 October 2021 19:14
Puluhan orang tewas dalam protes keberutalan polisi di Nigeria. (AP/Sunday Alamba)

Jakarta, CNBC Indonesia - Nigeria akan segera meluncurkan mata uang digitalnya sendiri bernama eNaira. Gubernur Bank Sentral setempat (CBN), Godwin Emefiele mengumumkan hal itu dan mengatakan peluncuran akan terjadi dalam beberapa hari lagi.

Dengan peluncuran ini menandakan Nigeria jadi salah satu negara yang mendigitalisasi mata uang nasionalnya. "Salah satu negara pertama di Afrika dan bahkan dunia yang mengadopsi digitalisasi mata uang nasionalnya," ungkapnya, dikutip dari Reuters, Jumat (8/10/2021).

Rencana mata uang digital Nigeria telah diumumkan sejak beberapa waktu lalu. Sebelumnya Emefiele mengatakan eNaira akan bertugas sebagai dompet di mana konsumen bisa menyimpan dana yang ada di rekening bank.


Dengan eNaira diharapkan bisa mempercepat inklusi keuangan dan arus masuk pengiriman uang lebih murah dan cepat.

Bitt Inc ditunjuk CBN sebagai mitra teknis untuk mengembangkan eNaira. Saat akan merilis uang digitalnya sendiri. Nigeria diketahui melarang aktivitas Bitcoin Cs di negara itu.

Maret lalu CBN melarang transaksi Bitcoin dan menindak platform perdagangan cryptocurrency. Laporan laman Deutche Welle menyebutkan saat itu CBN memerintahkan bank komersial dan lembaga keuangan lain menutup akun yang terlibat atas transaksi jual beli atau pertukaran cryptocurrency.

Nigeria mengikuti jejak China yang sudah lebih dulu memiliki uang digitalnya sendiri. Negara itu gencar melakukan uji coba Yuan Digital sejak awal tahun ini.

Tahun lalu, Wakil Gubernur Bank Sentral PBoC, Fan Yifei mendesak untuk membuat uang tunai digital. Penyebabnya adalah proses produksi dan penyimpanan saat ini sangat mahal.

China juga sangat agresif menutup akses cryptocurrency di dalam negeri, termasuk kegiatan penambangan.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading