Huawei Bakal 'Ceraikan' Android, Ini Bukti Terbarunya

Tech - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
01 June 2021 13:30
FILE PHOTO: The Logo of Huawei is seen at its showroom in Shenzhen, Guangdong province, China March 29, 2019. REUTERS/Tyrone Siu/File Photo

Sebelumnya, pendiri Huawei Ren Zhengfei telah meminta staf perusahaan untuk "berani memimpin dunia" dalam perangkat lunak (software) sebagai langkah mencari sumber pendapatan baru di luar operasi perangkat keras (hardware) yang telah dilumpuhkan sanksi AS.

Dalam memo internalnya kepada perusahaan, Ren Zhengfei meminta Huawei berfokus pada software karena pengembangan software "di luar kendali AS dan kami akan memiliki kemandirian dan otonomi yang lebih besar".

Laporan tahunan Huawei tahun 2020 tidak memerinci berapa sumbangan software dari total pendapatan 891,4 miliar yuan (US$ 138,70 miliar).


Mengingat sulitnya bekerja di AS, Ren Zhengfei meminta perusahaan memperkuat posisinya di dalam negeri dan membangun wilayah operasional di luar AS.

Memo Ren Zhengfei sejalan dengan pengumuman sebelumnya dari perusahaan yang mengisyaratkan pergeseran dari hardware handset. Salah satu Chairman Huawei Eric Xu pada bulan April mengatakan perusahaan akan menginvestasikan lebih dari $ 1 miliar tahun ini dalam bisnis intelligence driving.

Inisiatif itu juga memperluas kemitraan mobil pintar dengan Chongqing Changan Automobile Co Ltd milik negara untuk memasukkan desain dan pengembangan semikonduktor penggunaan otomatis, ujar seorang sumber yang mengetahui rencana tersebut.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
HALAMAN :
1 2
Artikel Selanjutnya

Sanksi Trump Bikin Huawei Makin Menderita Tahun ini

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading