Klarifikasi Elon Musk: Tesla Belum Jual Bitcoinnya

Tech - NPB, CNBC Indonesia
17 May 2021 13:57
Infografis/ Terbongkar! Tesla Elon Musk Miliki miliaran bitcoin/Aristya rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Elon Musk angkat bicara soal spekulasi perusahaannya, Tesla menjual Bitcoin. Dia mengungkapkan dalam Twitternya, jika tidak ada aksi penjualan dari Tesla.

"Untuk mengklarifikasi spekulasi, Tesla belum menjual Bitcoin apapun," tulis Elon Musk, membalas unggahan dari akun @BTC_Archive, dikutip Senin (17/5/2021).

Akun BTC Archive sendiri menuliskan jika harga Bitcoin masih turun sebanyak 20%. Hal ini terjadi karena salah satu unggahan Elon Musk.


Informasi saja, Tesla memborong Bitcoin senilai US$1,5 miliar pada Februari 2021. Pada laporan keuangan kuartal I-2021 yang diajukan kepada otoritas bursa saham Amerika Serikat, Bitcoin mengklaim sudah memiliki Bitcoin senilai US$2,5 miliar.

Jawaban Elon Musk itu seakan membuat lega sebagian pengguna Twitter. Dalam kolom komentar, sejumlah pengguna meminta bos SpaceX itu untuk bersama mereka serta ada juga yang berharap nilai mata uang itu bisa kembali naik.

Pada hari Minggu (16/5/2021), Elon sempat membalas salah satu tweet dari akun @CryptoWhale. Balasannya pun sangat singkat yakni 'Benar' menyetujui unggahan dari Crypto Whale yang berisi mengenai Tesla membuang kepemilikan Bitcoinnya.

Elon MuskFoto: Klarifikasi Elon Musk soal Tesla disebut jual Bitcoinnya (Doc. Twitter Elon Musk)

"Bitcoiner akan menampar diri mereka sendiri pada kuartal berikutnya, ketika mereka mengetahui Tesla membuang sisa kepemilikan mereka. Dengan banyaknya kebencian yang didapat @elonmusk, saya tidak akan menyalahkannya..." tulis akun itu.

Namun memang setelah itu tidak ada penjelasan lebih lanjut. Termasuk soal penjualan Bitcoin yang dimiliki Tesla.

Tweet singkat dari Elon itu berbarengan dengan penutupan nilai Bitcoin. Saat itu terdapat penurunan 8% atau US$44 ribu atau sekitar Rp624 juta.

Terlepas dari penjualan Bitcoin, minggu lalu Tesla memutuskan menangguhkan pembelian produknya menggunakan mata uang digital itu. Penyebabnya adalah penggunaan bahan bakar fosil meningkat karena aktivitas penambangan Bitcoin.

Sesaat setelah pengumuman, harga Bitcoin juga merosot sebanyak 5% dalam beberapa menit saja.

Sementara itu, perusahaan lain milik Elon Musk, Space X juga mulai merambah ke koin digital. SpaceX menerima pembayaran dengan Dogecoin untuk meluncurkan misi Doge-1 ke Bulan.

Infografis/ Terbongkar! Tesla Elon Musk Miliki miliaran bitcoin/Aristya rahadianFoto: Infografis/ Terbongkar! Tesla Elon Musk Miliki miliaran bitcoin
Infografis/ Terbongkar! Tesla Elon Musk Miliki miliaran bitcoin/Aristya rahadian


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading