Internasional

Elon Musk 'Biang Kerok', Harga Bitcoin Turun Lagi

Tech - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
17 May 2021 07:31
CEO Tesla, Elon Musk, memperkenalkan Cybertruck di studio desain Tesla.

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga cryptocurrency (uang kripto) yakni Bitcoin kembali turun. Cuitan CEO Tesla Elon Musk kembali menjadi penyebab.

Hal ini diketahui dari percakapan yang terjadi di Twitter pada Minggu (16/5/2021) sore waktu AS. Melansir CNBC International, ini dimulai saat seorang pengguna Twitter dengan akun @CryptoWhale menulis komentar dengan mengaitkannya ke akun Musk.


"Bitcoiner akan menampar diri mereka sendiri pada kuartal berikutnya, ketika mereka mengetahui Tesla membuang sisa kepemilikan mereka. Dengan banyaknya kebencian yang didapat @elonmusk, saya tidak akan menyalahkannya..." tulis akun itu, dikutip Senin (17/5/2021).

Pernyataan itu pun dijawab oleh bos pembuat kendaraan listrik itu dengan menulis kata "Benar". Namun, ia tak merinci apakah jawabannya itu terkait penjualan Bitcoin atau menyetujui kritikan yang diberikan.

Hal ini menyebabkan Bitcoin merosot sekitar 8% menjadi sekitar US$ 44.000 atau setara Rp 624 juta (asumsi Rp 14.200/US$) per koin.

Komentar Musk memang sering membuat harga Bitcoin naik turun. Dalam pengajuan Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) Februari, Tesla mengungkapkan bahwa mereka membeli Bitcoin senilai US$ 1,5 miliar (Rp 589 triliun).

Perusahaan kemudian mengatakan mencatat keuntungan bersih US$ 101 juta (Rp 1,4 triliun) dari penjualan Bitcoin dan membantu meningkatkan laba bersih ke rekor tertinggi pada kuartal pertama. Namun, Musk beberapa pekan terakhir ini mendukung Dogecoin, cryptocurrency yang terinspirasi dari meme.

Tesla minggu lalu juga menangguhkan pembelian kendaraan menggunakan Bitcoin karena kekhawatiran atas penggunaan bahan bakar fosil yang meningkat untuk penambangan Bitcoin. Harga Bitcoin turun sekitar 5% dalam beberapa menit pertama setelah pengumuman Musk.

Namun ia mendorong lebih jauh ke dalam Dogecoin. Usahanya SpaceX mengumumkan akan menerima Dogecoin sebagai pembayaran untuk meluncurkan 'misi DOGE-1 ke Bulan'.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Elon Musk Tweet 2 Emoji Saat Bitcoin Anjlok, Maksudnya Apa?


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading