Vaksin Gotong Royong Mulai Disuntikkan, Ini Harga Terbarunya!

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
17 May 2021 12:35
Infografis/ Harga Capai 1 Juta, Vaksinasi Gotong Royong Dimula Bulan Mei/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Bila tak ada permasalahan, hari ini (17/5/2021), vaksin gotong royong akan mulai disuntikkan kepada karyawan swasta. Ini merupakan program pemerintah untuk melawan infeksi Covid-19.

Pernyataan ini diungkapkan oleh Koordinator Komunikasi Publik Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Arya Sinulingga dalam sebuah diskusi online dua pekan lalu.

"Yang pertama coba saya luruskan. Bukan tanggal 9 Mei dimulai, tetapi tanggal 17 Mei. Setelah lebaran baru ada vaksinasi gotong royong dilakukan," ujar Arya Sinulingga seperti dikutip, Senin (17/5/2021).


Dalam vaksinasi gotong royong pemerintah akan menggunakan tiga jenis vaksin. Yakni, vaksin Sinopharm, vaksin Sputnik V, dan CanSino. Pada awal bulan ini 400.000 vaksin Sinopharm sudah tiba di Indonesia.

Soal harga, sebelumnya Kementerian Koordinasi Bidang Perekonomian menyatakan harga vaksin per dosis mencapai Rp 375 ribu dan biaya distribusi serta penyuntikan mencapai Rp 125 ribu sehingga harganya Rp 500 ribu per dosis. Bila dua dosis menjadi Rp 1 juta.

Namun, kementerian kesehatan memberikan kepastian melalui Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/4643/2021 tentang Penetapan Besaran Harga Pembelian Vaksin Produksi Sinopharm Melalui Penunjukan PT Bio Farma (Persero) dalam Pelaksanaan Pengadaan Vaksin Covid-19 dan Tarif Maksimal Pelayanan untuk Pelaksanaan Vaksinasi Gotong Royong.

Harga pembelian vaksin gotong royong ditetapkan sebesar Rp 321.660 per dosis. Lalu tarif maksimal pelayanan vaksinasi sebesar Rp 117.910 per dosisnya. Dengan demikian harga maksimalnya, apabila dijumlahkan, harganya adalah Rp 439.570 per dosis.

Harga yang dibeli oleh badan hukum/badan usaha, dan sudah termasuk margin/keuntungan 20%. "Biaya distribusi franco kabupaten/kota, namun tidak termasuk pajak pertambahan nilai (PPN)," tulis keputusan menteri tersebut.

Lebih lanjut dijelaskan tarif maksimal pelayanan vaksinasi merupakan batas tertinggi atau tarif per dosis untuk pelayanan vaksinasi gotong royong yang dilakukan faskes milik swasta. Ini sudah termasuk margin 15%, namun tidak termasuk pajak penghasilan.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading