Aturan Privasi WhatsApp Berlaku Besok, Gimana Nasib Akunmu?

Tech - Monica Wareza, CNBC Indonesia
13 May 2021 12:10
FILE PHOTO: A logo of WhatsApp is pictured on a T-shirt worn by a WhatsApp-Reliance Jio representative during a drive by the two companies to educate users, on the outskirts of Kolkata, India, October 9, 2018. Picture taken October 9, 2018. REUTERS/Rupak De Chowdhuri - RC16ED4B4AE0/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Kebijakan privasi baru WhatsApp akan berlaku mulai 15 Mei 2021. Penyedia aplikasi berbagi pesan ini secara tidak langsung 'memaksa' penggunanya untuk mau tak mau menyetujui kebijakan baru yang akan diterapkannya dalam waktu dekat ini.

Disebutkan bahwa bagi pengguna yang belum menerima kebijakan ini hingga waktu yang ditentukan, maka pengguna tak akan lagi dapat menggunakan akunnya untuk mengirimkan pesan atau melakukan panggilan, meski akunnya tak akan dihapus.

"Untuk sementara waktu, Anda akan tetap dapat menerima panggilan dan notifikasi, tetapi Anda tidak akan dapat membaca atau mengirim pesan di WhatsApp," terang WhatsApp.


"Jika Anda ingin menghapus akun Anda pada Android,iPhone, atau KaiOS, kami berharap Anda mempertimbangkannya kembali. Akun yang telah dihapus tidak dapat kami pulihkan karena penghapusan akun akan menghapus riwayat pesan, mengeluarkan Anda dari semua grup WhatsApp, dan menghapus cadangan WhatsApp Anda."

Adapun pembaruan terbaru dari kebijakan privasi Whatsapp adalah nantinya Whatsapp akan membagikan data pengguna ke perusahaan-perusahaan Facebook . Data yang dibagikan mencakup informasi pendaftaran akun (seperti nomor telepon), data dan transaksi (jika menggunakan Facebook Pay atau Shops di WhatsApp.

Data lainnya yang juga dibagikan adalah informasi yang terkait dengan layanan, informasi mengenai cara pengguna berinteraksi dengan bisnis ketika menggunakan Layanan, informasi perangkat seluler, alamat IP pengguna, dan mungkin termasuk informasi lain yang disebutkan di bagian 'Informasi yang Kami Kumpulkan' dalam Kebijakan Privasi, atau informasi yang didapatkan setelah memberitahukan pengguna atau berdasarkan persetujuan pengguna.

WhatsApp mengatakan kebijakan privasi baru WhatsApp tidak memengaruhi pesan pribadi. Perubahan ini hanya berhubungan dengan fitur-fitur bisnis yang bersifat opsional di WhatsApp.

"Pembaruan ini juga memberikan transparansi lebih lanjut mengenai cara kami mengumpulkan data dan menggunakan data," kata pihak Whatsapp.

Namun Whatsapp memastikan bahwa pihaknya tidak akan dapat melihat pesan atau mendengar percakapan pengguna. WhatsApp juga tidak menyimpan catatan dengan siapa saja pengguna berkirim pesan atau melakukan panggilan dan tidak dapat melihat lokasi yang pengguna bagikan.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading