Awas Maling, Jangan Klik Link dari Pesan SMS WhatsApp Ini

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
13 May 2021 09:00
Infografis/5 Tips Aman Pakai WhatsApp Tanpa Harus Pindah ke Telegram Cs/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Jika kamu dapat pesan singkat (SMS) yang mengaku dari WhatsApp dan meminta untuk mengklik link yang dicantumkan dalam pesan. Abaikan saja. Itu penjahat yang ingin mencuri datamu.

Ini adalah modus baru perampok dunia maya yang diungkap oleh Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) seperti dikutip dari akun Instagram Siber Polri, Kamis (13/5/2021).

Cara kerjanya adalah mengirimkan SMS yang menyatakan calon korban memenangkan uang jutaan rupiah. Untuk mencairkannya calon korban diminta untuk mengklik link yang dikirimkan.


Link dalam pesan itu diduga Polri adalah modus penipuan dengan tujuan mencuri akun korbannya. Siber Polri juga membagikan cara agar tidak menjadi korban phishing tersebut. Yakni masyarakat diminta tidak menekan link dalam pesan itu.

"Para penipu tak pernah kehabisan cara menjerat korbannya, termasuk melalui pesan penipuan yang dikirim dengan SMS. Salah satu bentuk penipuan SMS yaitu mengatasnamakan aplikasi pesan populer, WhatsApp," kata Siber Polri

Siber Polri menyebutkan jika pesan itu tidak dikirim dari raksasa teknologi itu. Masyarakat berpotensi menjadi korban dengan menekan tautan itu.

"Mengingat pesan tersebut tidak dikirimkan langsung oleh pihak WhatsApp, ada kemungkinan tautan akan menjebak konsumen seperti kasus phishing yang banyak terjadi," tambah Siber Polri.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Awas! Ini Modus Baru Perampokan WhatsApp Lewat SMS


(roy/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading