Terungkap! Harga Resmi Vaksin Sinopharm di RI Rp 375 Ribu

Tech - Roy, CNBC Indonesia
10 May 2021 19:21
Infografis/ Harga Capai 1 Juta, Vaksinasi Gotong Royong Dimula Bulan Mei/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Program vaksinasi gotong royong atau penyuntikan vaksin Covid-19 pada karyawan swasta akan dimulai pada mingggu ketiga Mei 2021. Berapa harga vaksinnya?

Untuk melakukan vaksinasi gotong royong atau vaksinasi mandiri pemerintah akan menggunakan tiga jenis vaksin. Yakni: vaksin Sinopharm, vaksin CanSino, dan vaksin Sputnik V.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan harga untuk vaksin gotong royong ditentukan Rp 375 ribu per dosis dan biaya distribusi dan penyuntikkan Rp 125 ribu sehingga total biaya per dosis Rp 500 ribu. Sementara untuk dua dosis Rp 1 juta.


"Saat ini tersedia 500 ribu dosis dari total kontrak 7,5 juta dosis vaksin Sinopharm, yang akan dipenuhi hingga September 2021," ujar Airlangga Hartarto dalam keterangan resmi, Senin (10/5/2021).

Pemerintah juga sedang biding (memesan) 5 juta dosis vaksin CanSino. Prioritas penerima vaksin adalah masyarakat di zona merah, dan perusahaan/sektor yang menunjang pertumbuhan ekonomi, padat karya dan yang berisiko penularan tinggi.

Informasi saja, menurut Kamar Dagang Indonesia (Kadin) di bulan Februari sampai Maret 2021 ada 17.832 perusahaan yang ikut program vaksinasi gotong royong dengan 8,6 juta peserta.

Program vaksinasi mandiri atau gotong royong adalah program penyuntikan vaksin yang dilakukan perusahaan swasta kepada karyawannya. Program ini tidak boleh dikenakan biaya kepada karyawan. Biaya yang dikeluarkan dalam program vaksinasi ini harus ditanggung oleh perusahaan.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading