Vaksinasi Mandiri, RI akan Miliki 7,5 Juta Vaksin Sinopharm

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
06 May 2021 17:25
Kedatangan vaksin sinopharm/ foto kemenkominfo

Jakarta, CNBC Indonesia - Sinopharm menjadi jenis vaksin yang siap digunakan untuk program vaksinasi gotong royong. Diharapkan hingga September akan tersedia 7,5 juta vaksin China itu.

"Kami harapkan 7,5 juta sampai bulan September. Datang secara bertahap," kata Juru Bicara Bio Farma, Bambang Heriyanto dalam Dialog Produktif Kabar Kamis, Indonesia Siap Vaksin Gotong Royong, di kanal Youtube FMB9_IKP, Kamis (6/5/2021).

Sejauh ini untuk vaksin Sinopharm sebanyak 1 juta dosis, dengan pembagian 500 ribu untuk vaksin gotong royong dan 500 ribu berupa donasi dari Uni Emirat Arab.


Sejauh ini memang harga dosis vaksin masih diperhitungkan untuk program vaksin gotong royong. Bio Farma dilakukan pendampingan dengan BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan) dan nantinya akan diberikan pada Kementerian Kesehatan untuk disahkan.

Estimasi awal, menurut Bambang adalah Rp500 ribu per dosis. Harga tersebut sudah termasuk pelayanan.

"Estimasi Rp500 ribu per dosis termasuk pelayanan. Dua dosis 1 jt, masih menunggu karena berproses. Mudah-mudahan harga bisa difinalkan. Akan diserahkan harga kepada Kementerian Kesehatan untuk disahkan," ungkapnya.

Bambang mengatakan perlu kesabaran untuk mendatangkan vaksin Covid-19. Sebab saat ini kebutuhan dunia vaksin sangat tinggi dan berkompetisi untuk mendapatkan pasokan.

"Kebutuhan vaksin dunia tinggi, berkompetisi mendapatkan supply terus continue. Perlu kesabaran,enggak bisa datang sekaligus, perlu sabar," ungkapnya.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading